Skip to main content

Cerita Horor Kaskus


Belum sempet baca NoSleep lagi, jadi belum sempet bikin terjemahan. Saya kasih aja beberapa cerita rekomendasi.

Saya kenal dengan Kaskus sekitar tahun 2010 dan mulai aktif jadi member (baca: silent reader) di tahun 2011. Jaman dahulu, karena belum banyak media/situs ‘heboh’ jadi sangat menyenangkan setiap kali baca-baca The Lounge-nya Kaskus, karena hampir sebagian besar isinya masih original bikinan kaskuser (dulu banyak web hingga acara tipi yang copas artikel dari kaskus, sekarang kebalikannya). Belum banyak juga orang yang berburu gelar viral, sehingga nyaris tak ada judul2 klik bait macam sekarang. Trit2 yang dibikin masih terasa dibuat karena semangat pingin berbagi, bukan karena pingin populer (paling cuma pingin HT sih), apa adanya, tapi punya keunikan masing2.

Jadi ketika bicara soal kisah horor yang bertebaran di Kaskus, saya malah lebih suka kisah horor yang saat itu masih masih berupa ‘recehan’ di The Lounge. Atau sebelum era cerita horor mewabah di SFTH.

Ini adalah beberapa kisah horor di Kaskus yang menjadi pilihan saya. Ada yang kisah lama, ada juga yang baru (era pindah ke SFTH). Saya suka kisah-kisah yang tidak terlalu berlebihan. Yang masih terasa masuk akal untuk terjadi di dunia nyata, sehingga berasa deket seremnya. Bukan cerita yang asal ketemu Mbak K atau melihat Mas P.

Sayangnya tidak semua bisa saya ingat judulnya. Jadi dari daftar di bawah cuma ada dua cerita yang bisa disebut cerita jadul. Mungkin akan saya bikinkan lagi kalau sudah ingat judul & ketemu linknya.

Here the list (5 aja ya) :


5. KKN [Kuliah Kerja Nyata] Berhantu [Desa Terpencil]

Ini termasuk kisah yang mempelopori ramainya kisah hantu di SFTH. Dipost beberapa saat sebelum muncul kisah horor yang super viral itu. Sebenarnya kisahnya tidak terlalu unik, tidak terlalu nyata juga, tapi atmosfer petualangannya kuat dan kisahnya seru. Khas film2 horor gitu lah, tentang sekelompok anak muda yang KKN di sebuah desa yang menyimpan misteri.

Tapi ceritanya dikasih bumbu mesum sehingga bisa jadi banyak reader yang baca karena cerita mesumnya. Selain itu, seperti biasa, akhirnya ceritanya mendapat serangan kontroversi khas SFTH; banyak yang meragukan keaslian cerita dan mulai rusuh.

Seperti biasa, akhirnya TS-nya ngilang di tengah cerita (atau trit diclose moderator? lupa). Kalo saya pribadi sih sebenarnya tidak terlalu ambil pusing karena si TS-nya udah bikin pernyataan ‘terserah mau percaya atau tidak’.

Banyak yang bertanya2 ke mana hilangnya si TS, bahkan menduga TS meninggal, tapi akhirnya TS muncul juga kok setelah agak lama. Mengaku sehat2 aja dan males nerusin cerita karena gak betah sama para reader yang bully dia.


4. Ruman Ane Gudangnya Hantu

Dari kelima daftar, mungkin ini yang bisa dikatakan cerita paling serem buat saya. Kisahnya tentang anak indigo yang sering melihat bermacam hantu di rumahnya. Serem karena banyak dikasi ilustrasi yang bikin kaget saat baca. Dan banyak ngasih deskripsi tentang hantu2nya.

Kisahnya termasuk yang frontal berurusan dengan penampakan. Dan ada satu part kisah yang mirip dengan cerita sebelah yang super viral itu, tapi menurut saya sih lebih masuk akal di cerita ini kejadiannya.

Ini juga trit yang bikin penasaran tapi TS-nya ngilang di tengah jalan. Katanya sih sibuk kuliah, tapi masih belum muncul sampai sekarang.

Sebenarnya masih ada satu lagi yang mirip, cerita tentang sekeluarga yang beli rumah ternyata berhantu, dan terungkap bahwa hantunya itu ‘kiriman’ dari pesaing bisnis keluarga (atau semacam itu). Sayang lupa sama judulnya.

3. Noni Belanda Maria Van De Wiet [Reborn]

Sama dengan cerita sebelumnya, ini trit horor tentang TS yang punya kelebihan bisa melihat makhluk halus kemudian bertemu hantu Belanda di rumah tuanya.

Yang unik dari trit ini adalah gaya penceritaannya yang lucu karena TS-nya sering nantangin hantu yang dia temui. Jadi bukan tipikal cerita hantu yang didramatisir agar serem. Konsep hantu yang dijelaskan juga merupakan jin yang menyamar. Sangat mendidik karena TS-nya selalu mengajarkan agar kita tidak takut pada hantu/jin.

Selain itu TS-nya juga sering bercerita tentang sejarah pada zaman Belanda. Mungkin porsi sejarah (atau pengetahuan soal dunia gaib) yang ditulis malah lebih banyak dari ceritanya.

Cerita ini punya 3 season, tapi yang utuh sebagai satu cerita hanya season 1 aja. Season 2 & 3 cuma beberapa pengalaman gaib TS sebagai tambahan karena banyak yang minta cerita lebih. Karena Season 1 itu memang cukup pendek untuk ukuran trit kaskus, mirip nosleep berseri gitu.


2. [share] pengalaman horor ane... bikin merinding nih bulu jaket

Cerita tentang mahasiswa yang ngontrak rumah, tapi ada satu kamar yang selalu ditutup dan gak boleh dibuka sama pemiliknya. Dan mulailah si TS mendapat berbagai pengalaman gaib dan bertanya-tanya apa isi kamar tersebut.

Ini dia salah satu kisah jadul di The Lounge. Bener2 seru bisa mengikuti langsung pada saat itu, karena rumah kontrakannya yang berhantu masih ditempati si TS pada saat cerita ditulis. Jadi TS-nya semacam curhat gitu dengan kondisi kontrakan dan gangguan yang dia alami. Jika kebanyakan cerita ditulis oleh anak indigo yang bisa melihat maca-macam, yang ini ditulis oleh anak yang biasa aja. Jadinya malah sangat relate sama kita2 yang nihil pengalaman.TS-nya juga aktif berinteraksi dengan para reader. Bahkan dia bersedia mengupload foto setiap bagian kontrakannya demi mengabulkan request para reader.

Jika dibandingkan dengan cerita2 yang saya sebut sebelumnya, mungkin cerita ini terasa kurang ramai karena urusan frontal dengan hantunya tak banyak. Tapi itulah yang saya suka. Ceritanya memang apa adanya sehingga terasa begitu real.

Sayang ceritanya juga berhenti di tengah jalan. Padahal sedang mulai mengungkap misteri kamar tertutup di rumah kontrakan itu.


1. [Kisah Nyata] Mencari Hantu!

Ini adalah kisah yang paling berkesan buat saya. Karena menjadi kisah hantu dengan konsep hantu=jin pertama yang saya baca.

Berkisah tentang masa muda TS yang suka mendatangi tempat2 angker terkenal kemudian menuliskan pengalamannya selama ‘uji nyali’ itu pada sebuah buku catatan. Trit ini adalah transkrip dari isi buku catatan tersebut. Jadi formatnya unik karena kita seperti baca jurnal / laporan gitu.

Ini juga tipe cerita yang tidak terlalu frontal berurusan dengan penampakan, jadi malah terasa nyata atmosfer tegangnya. Dan hanya beberapa saja catatan dalam bukunya yang dia post. Itu juga yang dia anggap ada kejadian menarik. Tak hanya ceritanya, namun diskusi di dalam tritnya juga menarik.

Sayangnya, seperti banyak cerita lain, nih cerita juga berhenti di tengah dan TS tak pernah muncul lagi. Udah gitu nanggung banget kepotongnya di part yang lagi bersambung.


Itulah beberapa cerita horor kaskus pilihan versi saya. Beberapa memang cerita terkenal dan mungkin sudah pada baca sih. Atau mungkin kamu juga seorang kaskuser dan punya cerita horor pilihan sendiri?

...

Comments

  1. Sempat ngikuti si KKN, tapi sayang udh di close dan gk ada endingnya. Padahal lumayan menghibur loh

    ReplyDelete
  2. ngikutin horor kakskus itu harus cari ayng banyak partnya, biar ngak kentang, tapi tetap aja walaupun threadnya banyak part tetap aja kentang, paling suka baca horor horor kampus, ada juga yang lengkap judulnya horor diary, gue sampe kebawa mimpi

    ReplyDelete
  3. ada juga yang cerita tentang rel kereta api angker di deket rumahnya, dan ts-nya hilang tiba-tiba, banyak yang berspekulasi dia juga meninggal ketabrak kereta. who knows.

    ReplyDelete
  4. gw juga alumni sfth , banyak lah thread horor gw biarpun gak viral , kalo mau baca udah gw kumpulin di blogspot gw ini

    https://vigovampiro.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan komentar

Terpopuler sepekan

Pengalaman diculik jin

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 2]

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 1]

Peristiwa Ganjil di Patahan Amigara

Cerita Seram Api Unggun

Nyasar ke Dunia Gaib Bareng Abang Ojol - [Repost Twitter]