Skip to main content

Darkest Financial Secrets

source: https://twitter.com/BigAlphaID/status/1181842823017988096

Berbagai balasan para user dari open DM akun Twitter @BigAlphaID soal rahasia keuangan mereka. Post aslinya dari SS jadi saya transkrip ke dalam teks biar enak bacanya. Silakan ambil baiknya aja ya.


Tell us your darkest financial secrets!

DMs are open



---------------


Pesugihan, tinggal pilih medianya mau menggunakan apa, siapa yang mau dikorbankan dan mau berapa lama. Si pelaku pesugihan tidak perlu susah payah mikir strategi dalam menjalankan bisnisnya. Klien datang sendiri, tanpa basa-basi langsung berkata iya dalam penawaran harga.


**


Sistem keuangan gw dan istri adalah, gw ngasih full ke dia dan gw jadi terima uang jajan harian, artinya gw jarang megang uang lebih.

Kadang dapat uang dinas atau uang yg lain dari dinas, dapetnya 1000 gw lapor dapet kurang dari itu (600 misalkan). Kenapa gw boong? Simpel, pengen nikmatin uang gw juga dan kalo gw bilang pasti nggak dibolehin sama istri hehehe

Satu lagi, karena ortu yg sangat messed up, gw dan istri sama sama jadi penyandang KTA alias kredit tanpa agunan dan jadilah sepasang suami istri sandwich. Oh tentu saja nikahnya pake uang sendiri


**


My darkest financial secret is... saking semangatnya investasi sampe uang kiriman mamak ga sampe akhir bulan dan akhirnya narik 50rb dr investasi buat beli mi instan wkwkwkw

> Investasi apa judi di pasar modal?


**


Kakek punya 3 anak dan itu masih dibiayai full semuanya sampe cucu cucunya sekeluarga. :) pada aku cucu pertama udah umur 20 tahun

> Tajir amat kakeknya?

:( saya juga heran


**


My darkest financial secret was involved di cicilan+DP KPR dengan mantan pasangan. Padahal blm dpt restu orgtua, dan nikah juga belum ada kepastian. Kesalahannya juga main nge-iya in ajakan dan pilihan KPR si calon pasangan.

Ketika putus, si mantan pasangan minta half of the installment+down payment. Saya bayar dgn dana darurat.

Alhasil, hidup kurleb 1 tahun tanpa dana darurat. It was a big no.


**


Darkest financial secret li ituuuu bilang ke mama kalo ada “biaya kemahasiswaan” di kampus, pedahal ga ada samsek biaya itu :( yg harusnya tiap pembayaran ke kampus itu trf via bank, bukti pembayaran “uang kemahasiswaan” ini ngga, melainkan kwitansi aja aku manipulasi

Maaf jgn ditiru, aku tau ini buruk tp aku bener bener butuh :’)

> Butuh untuj apa?

Untuk macem macem min, bayar fotocopy materi kampus, main, kurus, nabung, dll. Mama ku ga pernah tau apa apa lagi selain aku dikasih uang jajan perhari 20rb, aku memang dari kecil diajar hidup prihatin. Therefore aku adain “uang kemahasiswaan” itu, toh untuk sehari hari aku juga dan untuk kegiatan positif, kalo minta ga dikasih wkwk :’)


**


suami istri sama2 kerja, setengah penghasilan kami berdua abis buat cicilan dan suport ortu+mertua. Ampe skg idup ga punya dana darurat tp punya tabungan di bank, saham dan sbn. Anak udah satu dan bersiap untuk anak kedua


**


My mom is not wise with money. Meski udah pernah terliat masalah, sampe harus kabur dan bahkan masuk penjara gegara itu, I don’t think my mom learned her lesson. Dia masih mempertahankan lifestyle yang boros, I think it’s because she cares a lot about her image in society—dulu mamiku kerja di bank, necis banget penampilannya, she had a car dll, and she’s trying to maintain that.

Papiku memilih memfasilitasi gaya hidup mamiku ini, and I honestly karena mamiku memang orang yang “nggak bisa diajak ngomong”. Tapi ke anak-anaknya, dia selalu kasih financial education dan nggak capek-capek nyuruh aku buat segera tabung/invest uangku, dan selalu menekankan biar aku punya dana darurat. Papiku wanti-wanti biar aku nggak lupa gimana susah dan bitternya aku ke masa kabur-kaburan itu, jangan lupain stressnya, dan jangan sampe aku melakukan hal yang bakal bikin aku mgerasain itu lagi.

We’re in a better place financially now, I got a good job that pays well, tapi aku bohong soal gaji ke mamiku karena kalo nggak, pasti uangku bakal diembat juga.

I feel bad for lying, but don’t want to facilitate that lifestyle either. Mending mamiku benci aku karena nggak mau minjemin dia uang selain yang udah aku jatahkan buat dia.


**


Bilang ke Mama aku gak bisa biayain beliau krn aku udah capek habis banyak demi masukin beliau ke rumah sakit karena papa hutang sono sini nilainya ratusan juta tapi entah buat apa :) low key ngode pengen dikasianin tapi aku akhirnya pindah ngekos di rumah temen dan biayaku seketika bisa buat medical check up aku sendiri. Still not want to help Mom. Dibilang durhaka juga biarin. Salah sendiri gak mau asertif dalam berkomunikasi dengan suami :) kalo kata temen terlalu sibuk jadi ibu lupa jadi istri~


**


Ahaha masa kelam ya.

Pinjam uang 500 juta buat bisnis ke “Pak Haji” yg belakangan ketawan nyambi jadi rentenir dg bunga 10%

Tiba2 minta uang dikembalikan dalam 1 bulan, cashflow bisnis langsung hancur lebur, pasukan mogok kerja berefek progress pekerjaan terganggu. (Kesalahan karena hanya berlandaskan asas percaya)

Sebelum lebaran, Koordinator tim telpon butuh uang 200 juta dalam waktu seminggu, terpaksa pinjam rentenir lain lagi dg bunga 10% & dikembaliin 1 bulan (lagi). Pendapatan bisnis pasti terganggu, bpkb mobil sudah diminta jadi jaminan.

Alhamdulillah, sudah lewat semua dg selamat tanpa org tua tau......

Pelajaran buat semuanya harus hitam diatas putih!!!! Karena keterbatasan wawasan malah berbekas sebagai pengalaman


**


My dad is bad at budgeting, jadii sempet disaat semua cicilan udah kelar dan akhirnya kita bisa napas legaaaa karena bener bener ga ada cicilan, eh tapi my dad malah milih untuk nyekolahin rumah dan dipake buat beli mobil lagi yang sebenernya gabutuh butuh amat, sedangkan bunga nya lumayan besar sekitar 1.7% dan untuk bayar cicilan nya gaji nya pun kurang 1/2jt, ditambah lg saat itu gua mau kuliah jadi butuh biaya banyak jadi nya malah minjem kemana mana yang seharusny gaperlu minjem sama sekali, terus sekarang mobil nya di tarik tapi kita ttp bayar cicilan, oh ditambah lg early 2019 bokap pensiun jadi skrg yag bayar cicilan&cover kebutuhan rumah ya kakak2, doain yap semoga masalah ini cepet selesai dan bisa surplus lagi


**


Dulu punya pacar yang udah siap banget komitmen untuk nikah, karena percaya aja gitu saya putuskan nabung dana nikah di dia, seminggu dua juta + gasih uang jajan ke dia seminggu 750k.

Selama pacaran kalau di-inget kayaknya udah ngasih banyak haha renovasi rumah doi 15 jt, SPP adiknya 7,5 jt, bantuin kakak doi nikahan 5 jt, ngasih akomodasi bapak dan ibunya ke rumah sakit setiap bulan selama dua tahun di hotel dan travel.

Berjalan tiga tahun pacaran eh putus, wkwkwk duitnya? Ya hangus wkwkkw bucin membawa petaka, waspadalah.

*+hotel dan travel


**


Punya usaha bareng, rekening bareng, duit bareng2, cicilan KPR, cicilan kartu kredit, dan utang2 lainnya bareng sama pacar yang belon jelas mau dinikahin apa engga, sedangkan aku jg ga yakin sama dia, tapi selama ini oke2in aja beli sana sini ambil kpr dll, kalopun amit2 putus pengennya sih itung2an semua harta tinggal bagi 2, nyatanya mikirin pembagian jni aja rumit banget gimana kalo kejadian putus beneran huhuhu


**


suami hobi judi. kendaraan udah biasa di gadai. perhiasan juga udah abis. tv juga ga luput d gadai. kalo pas aku gajian ya bantuin nebus gadaiannya. Pernah ambil pinjaman online jg buat nebus2 gt. Ya dia gajian abis buat muter2in modal judi lg. ortu nya kadang ngebantuin sih backup keuangan kami, buat nyambung nyawa.

Tapi sedihnya, aset jd gak nambah2. Boro2 nambah, nol pun enggak. Malah yg ada minus.

Update terbaru, sebulan trakhir dia cm main judi sekali. Tapi kalah dan kali ini ruginya ‘cuma’ sebesar gaji dia :))


**


Jadi sugarbaby dikasih uang saku cuma modal bobo beberapa jam di hotel, akomodasi disediain wkwkwk dosa tp terlanjur kejebak di zona nyaman malah berat untuk tinggalkan sekarang min

> Sebulan dikasi berapa?

7,5juta buat aku yg maba, ovo 500rb


**


My Darkest financial secret is saat umur gw 21th gw pernah korup sekian puluh juta di perusahaan tempat gw bekerja, karena gw ydh dipercaya bgt sm perusahaan itu.

Dan gw abisin duit itu selama 3 bulan aja, tp kaga jadi barang atau apapun.

Akhirnya gw ketahuan n gw mencoba melarikan diri dengan sucide, pada akhirnya keluarga gw yg nanggung dengan jual rumah buat gantiin ke perusahaan tsb.

Dan gw hampir tiap minggu mimpiin mantan bos gw sampe sekarang. Tapi sekarang gw sudah bertaubat

Pelajaran yg diambil dari kisah gw adalah please jangan ngikutin nafsu. Karena uang itu amat sangat teramat menggiurkan


**


Bapakku gak bisa terima masukan orang lain. Beliau bikin usaha tanaman hias yang mana sekarang pasarnya udh mati. Dibilang lepas aja, lepas rugi plus rukonya seisi-isi tanamannya, gak mau. Uang sewa ruko sering bingung bayarnya gimana. Utang ke bank, utang ke koperasi kantor nyokap. Sampai uang pensiunan nyokap taruhannya ketika nanti sampai pensiun beliau gak bs bayar. Setengah gajiku kepake buat bayar cicilan utang keluarga.

Pokoknya apapun yang beliau lakukan in the name of kesejahteraan keluarga, sebenarnya hanya untuk ngasih makan egonya sendiri. Beliau ga mau mengakui kegagalan berbisnis. Gak mau dengerin masukan. Merasa paling benar sendiri.

Aku gak sanggup bayangin tahun depan ketika nyokap udh pensiun. Adikku baru kerja sebulan, adik satunya msh kuliah, fyi bapakku udah pensiun :):):) tau lah pensiuan PNS seberapa (gak bermaksud menjengkal)

Btw usahanya sejak 6tahunan lalu lah. Sekarang kan makin suram pasarnya. Pokoknya setiap utang yang dia dapet itu hanya untuk nambah2in/memperbanyak/melengkapi usaha tanaman hias itu


**


Nyari2 tambahan di luar pemasukan tetap dengan nemenin makan dan jalan (literally makan dan jalan tanpa ewe) pria2 kesepian. Kita semua orang2 kesepian bukan? Hm curhat

> Dikasi berapa emangnya sekali jalan?

Tergantung. Kalo tajir bs 1jt sekali jalan, kalo biasa under 500k, cukup sih buat foya2 di kota kecil


**


Hai XXXX, mau kasih tau dark secret ku. Waktu kuliah pernah nipu beberapa perusahaan gede pake proposal summer school :)). Selama 3 taun dapet kisaran 120jtan. Mulai dari BI, Telkom, perhutani, Pupuk Kujang, BJB apa lagi ya lupa. Lumayan uangnya buat jajan kuliah. Sayang pas kuliah blm tauu bitcoin ama saham, kalo udah kayanya udah kaya raya sekarang wkwkkwkw

Anyway, sempet juga bantuin 3 orang temen yg butuh uang buat cari sponsor ke LN. They got the money I got the fee. Tp bersih sih itu mereka beneran pergi wkwk

Kalo masih ada yg butuh bisa sih aku ajarin caranya buat mahasiswa, tp cuma bisa buat top tier University


**


My (or rather my family) darkest financial secret.

Bokap meninggal Juli 2019. Setelah meninggal, baru ketauan ternyata 11 taun terakhir bokap punya istri lagi di Jakarta, punya anak kecil. Nyokap tinggal di jawa. Gaji selama ini dibagi 2 sama istri keduanya. Tapi pengeluaran si istri kedua jauh lebih gede. Pernah dia dikasih uang 100 jt buat biaya sekolah si anak, dipake buat jalan jalan ke turki. Sedangkan selama ini, nyokap sering dimintain duit sama bokap. Aset berupa tanah, mobil, dst yg gw kira selama ini dijual, ternyata either dipake skrg atau dijual dan dikonsumsi dia.

Belum lg masalah utang. Bokap punya kepemilikan di suatu kantor. Setelah meninggal, ternyata bokap ninggalin utang ke kantor ini +- 4.5M. Dan pewarisan saham kantor ini skrg jadi masalah

Skrg posisi lagi gw selesein satu2 masalahnya hehe


**


4 tahun lalu, mama meninggal karena sakit pas gue belum selse kuliah, uang habis2an buat biaya rumah sakit.

7 bln kemudian (klo gasalah) papa pergi buat nikah lagi, gw ditinggalin tapi gue bersyukur sih karna papa suka mukul orangnya dan dari dulu emg ga pernah dekat, juga sangat boros

Sampe skrg gatau papa dimana karna ga pernah kominikasi lagi

Selama kuliah, uang cuma ada dari warisan mama, tapi gue coba jualan kecil2an buat biaya skripsi, kos, dll

Gw anak tunggal dan tinggal sama adik dari mama, om gue kerja sehari-hari jadi ojol, bah gw jualan juga buat bantu bayar biaya listrik rumah, pam dll

Syukur skrg ada gaji buat sehari-hari dan bantu2 om buat sambung hidup:)

Gw berharap gue selalu bisa jadi wanita yg kuat dan mandiri, mohon doanya tweeps


**


Main gorengan, kadang untung, kadang buntung. Tapi gegara market yg skrg ini, jadinya banyak buntung. Sementara stop main saham

Kadang kalo pas buntung, aku mikir, ini gegara aku pakai uang haram apa giname. BTW, aku jadi sugar baby sama boss sendiri. Untungnya titit dia udah gak bisa bangun tegak. Jadi aku ga pernah have sex sama blio (sujud sukur), aku cuman BJ in doang. Lumayan, temani dari jam 5 sore – 8 pagi, 2x BJ, dikasih 2,5 yuta. Hotel makan transport ditanggung. Ya masih kecil dibanding yang sudah pro di dunia beginian. Sebulan dia minta temani 5x aja sudah lumayan buat tambah tambahan tabungan masa tua. Gimana ga tergiur

Eh, salah, ga BJ. Hand job. Cuma dikocokin. BJ cuman pas awal awal doang. Abis itu aku geli sendiri ga mau lagi BJ. Untung blio pengertian


**


Darkest Financial Secret

Adalah uang puluhan juta habis setiap tahunnya karena menonton JKT48 lengkap dg beberapa eventnya (seperti: handshake, foto bareng, konser) lainnya, tabungan ludes karena vote pemilu ala mereka setiap tahunnya.

Sangat pintar basis bisnis mereka dengan menjualbelikan fitrah manusia yang pada dasarnya haus akan perhatian atau notice. Hehe

Be smart apapun itu memang hawa nafsu adalah musuh terbesar kita sebagai manusia :)


**


Jadi finance di kontraktor. Gaji cuma 5 jutaan. Tapi sebulan income bisa 10 juta. Sabetannya banyak banget. Pengen lepas dari yg haram begini cuma duitnya enak banget. Help, min.

> Haram maksudnya? Dapet darimana?

Mainin quantity claim mandor, unit price material, belum uang terima kasih vendor dan supplier karena kita bayarnya dicepetin.


**


utang bank buat biayain nikahan sendiri. Bpk udah pensiun jadi sadar diri buat ga mau ngerepotin. Niatnya biasa aja biar ga terlalu besar biayanya tapi ortu pengen ngundang semua orang, hampir 1000 undangan. Sadar konsekuensi ga punya gaji selama 2 tahun untuk bayar cicilan ditambah gaji suami setengah buat nyicil rumah. Sisa uang ga cukup buat makan sehari-hari, untung ada cc. jadi gali lobang tutup lobang tiap bulan. Klo pengen makan yang bergizi ke rumah ibu buat minta dimasakin, saat itu lagi hamil, ga ngidam sama sekali karena sadar ga ada uang lagi buat beli ini itu. tapi keadaan itu momentum buat cari kerjaan lebih baik. skrg penghasilan suami kurang lebih 40jt tiap bulan dan bisa beli mobil + investasi


**


My darkest financial terjadi tahun lalu gara” berkenalan sama yg namanya PSK, open BO, kuliner lendir, spa plus”, lapangan tembak dan banyak lagi sebutannya. Seminggu bisa 3x, belum yg private. Terlalu gila memang, kayak udah buta, klo udah pengen harus segera dipenuhi. Hasilnya mobil dijual, kartu kredit jebol, dan masih ada hutang yg menumpuk. Sadarnya waktu udah habis”an dan sekarang masih berjuang bayar hutang satu”.


**


Pas kuliah ditawarin jadi joki ujian masuk perguruan tinggi. Kaget karena pas ketemuan dg calon joki lain ternyata temen2 sendiri juga. Kebetulan kami pas SMA termasuk lumayan berprestasi. Pas awal cuma dikasi PT swasta yang ujiannya beberapa gelombang gitu. Percobaan pertama langsung gol dapet 4 juta

Ketagihan dgn duit “haram” ini, dalam sebulan bisa ambil beberapa job di ujia masuk PT swasta itu. Sampe harus mikirin kali ini make baju yang kaya gimana biar ga dihapalin sama satpam dan panitianya. Walau termasuk PT favorit tapi sistem seleksi awalnya ga terlalu ketat

Bandarnya liat peluang keberhasilan kami yang tinggi lalu diattachlah kami ke kerjaan yang lebih sulit, ujian PTN paling gede di Jogja. Pas itu saya kedapetan joki ujian masuk FK. Lolos. Dapet 20 juta. Gatau bandarnya dapet berapa

Begitu job terakhir itu udh tobat. Karena uang yang saya dapet ga jadi apa2. Ga foya2 gimana juga tapi easy come easy go. Ilang aka gt. Pas ujian di PTN itu sampe bikin KTP palsu dg muka si klien yg dimixed dg mukaku, jadi pengawas ga tll curiga. Masalahnya aku lupa kalo aku ujian bareng angkatan di bawahku. Ada bbrp adik kelas yg kaya curiga liat aku, tp aku ttp pura2 gatau. Lumayan profesional waktu itu bandarnya. Nyesel senyeselnya sekarang, karena masukin 1 anak itu pake joki. Udah tobat gamau lagi sama sekali.. sampe skrg masih kepikiran sampe kebawa mimpi.


**


Bapak adaah tulang punggung keluarga utama tetapi ternyata punya utang banyak banget krn korupsi di kantor, jg punya simpenan lain (tp aku ga pernah bilang ibu kalau tau). Krn gamau beliau sakit :( Selama ini ibu mati2an nglunasin utang Bapak, Bapak ga mau tau dan malah jd agak gila. Kakak udah sakit tulang lebih dr 10 th. Aku sedih banget kalau inget perjuangan Ibu :”(

Alhamdulillah skrg udah settle, utang udah lunas, aku udah lulus dan jd pns, adik udah masuk bumn. Tinggal mas pengobatannya semoga selesai dan sembuh.

Tapi benciku sm Bapak nggak pernah ilang, benci sangat. Aku gatau jg harus gimana.

Bener yg kbanyakan org bilang, jd perempuan hrs bisa bertahan dan punya penghasilan sendiri sewaktu2 terjadi sesuatu. Semangat buat semua yg sedang berjuang


**


Dulu gaji 10-30jt sebulan tapi tabungan 0. Kadang iri dg temen yg penghasilan lebih kecil tapi bisa ada tabungan. Tiap bulan ortu selalu aja cerita duit meski uda dikirimin sebulan. Kadang pengen kabur gitu dari semuanya biar gak ada yg nyariin. Sekarang penghasilan 20jt tapi mau persiapan KPR. Padahal kalo dipikir2 belum butuh rumah banget. Dulu impulsif aja gara2 gw gak punya rumah. Dan sampe sekarang tabungan gw pun cuma cukup buat prepare kpr. Selain biayain keluarga, gw sendiri juga boros. :(


**


Sebenarnya mau curhat aja nih min
Ayahku ngambil cicilan di bank sebesar 200jt dengan rumah sebagai tanggungan untuk bayar lunas cicilan kartu kredit yg mencapai 50jt, utang di keluarga 60jt, utang di rentenir 60jt
Dan skrg hrus bayar 4,8jt/bulannya selama 5thn. Penghasilan per bulan 10jt blm tagihan2 lainnya, uang sekolah adikku 3 org, aku juga kuliah.....


**


Kejebak pinjaman online, awalnya ga sengaja mau coba karena mau bayar kuliah. Niatnya ngga enak mau minta lg sama mama karena mama single parent dan udh semester akhir. Dipikir uangnya gaakan cair karena kayanya ngajuin pinjaman gasemudah itu. Dan ternyata uangnya cair masuk ke rekening panik sendiri karena pinjam 2jt harus ngembaliin 2.8jt. Bunganya gede bgt kan transaksinya gabisa dibatalin. Fyi itu pinjaman cicilan 3x. Akhirnya yaudah gimana lagi uangnya ku pake buat bayar kuliah semester ini sama kos sebulan. Puji tuhan dengan hidup supet hemat dan kerja proyekan sana sini bisa kebayar pinjolnya. Tinggal sebulan lagi buat ngelunasin pinjamannya. Sampe skrg gapernah bilang sama siapapun termasuk mama.
Ati ati bgt ini emg sama pinjol. Serem.


**


My family, stupid yet dark, secret was

- Tak punya asuransi kesehatan
- Invest in gold futures

Beberapa tahun lalu, aku kecelakaan, jadi aku dirawat selama seminggu. Operasi besar, obat-obatan, dll menghabiskan sekitar 100mio. Ayahku harus mengajukan pinjaman ke kantornya, dan ibuku meminjam uang ke sanak saudaranya

Dan kedua, orangtuaku terlibat dalan jual beli emas. Mereka menghabiskan sekitar 100mio, kehilangan uangnya secara bertahap, dan tak pernah mendapat hasil. Akhirnya mereka mengetahui bahwa jual beli emas tersebut adalah penipuan ‘legal’, yang dikelola oleh pemerintah


**


Dulu sewaktu kuliah jadi leader mlm penghasilan sebulan 20jt-30jt. Sering disumpah serapahi orang. Alhamdulillah udah berenti semenjak lulus kuliah keterima bumn gajinya gak sebanyak mlm tapi tenang :D


**


I talk big about finance when I actually do nothing about it. Tabungan cuma 2. Satu pegangan, satu invest. Yang di invest termasuk dana emergensi, dll. Kesel sama kerjaan yang minimum wage tp mau tinggalin jg takut. Dana invest pun juga ga seberapa belakangan salah step porto malah jd minus. Lieur :(


**


My darkest financial secret:

Terlalu “baik” sama mantan pacar. Ngebiayain dia ini itu mulai dari biaya makan dia, bensin, pegangan dia buat jajan, tiket nonton, transport, akomodasi, dan pokoknya hampir tiap jalan selalu gue yang nanggung biayanya. Padahal gue cewe. Sampe waktu itu dia bilang mau pinjem duit buat bisnis baju koko, beneran gue kasih. Tp bisnisnya gajelas, supplier gaada kabar. Oh dia juga kasar sering ngebentak2 dan sering banget gue ngerasa ga dihargain sebagai pacarnya.

Kalo diliat dari masa lalunya, dia dulu orang ada, selalu dimanja sama nyokap, semua kebutuhan terpenuhi, kemana2 pake mobil. Cuma jatoh miskin grgr keluarganya punya masalah internal dengan sodara2nya. Gue pusing banget dulu, tabungan bener2 habis sampe gabisa ditarik tunai via ATM karena ga cukup saldonya. Sampe sekarang dia masih ada utang sama gue dan jumlahnya lumayan. Cuma jarang gue tagih lagi, terlalu sakit kalo diinget2. Pokoknya jangan pernah jadi bucin deh, nyesel parah. Padahal dulu gue mikirnya, mungkin kalo gue bantu dia ini itu dia bisa lebih baik, lebih dewasa, lebih menghargai gue sebagai pasangannya, lebih tertata hidupnya. Tapi hasilnya nihil. You can’t change person who doesn’t want to change.

It was a very toxic relationship. I’m glad it ended. But the thing is, it causes asting damaging effect even after you leave the relationship behind. Gue masih trauma sama yang namanya “pacaran”.


**


Dua tahun lalu waktu demam bitcoin dan koin2 lainnya..tanpa pengetahuan mumpuni hanya karna liat grafik naik terus,, akhirnya ikut nyemplung di bitcoin..
Awal2 cuma sejuta.. sehari naik 50 ribu udah seneng bgt.. mulailah otak berfikir, gimana klo 10jt, sehari bisa dpt 500rb donk.. oke masukin 10 jt.. bener rupanya bisa 400-500rb.. okelah smua uang masukin kesitu, termasuk uang tabungan buat beli mobil yg gabungan sama duit istri..
Sampe kemudian mengamati tiap ada peluncuran koin digital baru, pasti kenaikannya bisa 300% dalam hitungan menit. Dan kembali ke batas normal lagi dlm bbrp jam..
Oke ditunggulah jadwal peluncuran koin baru,, masukin duit dalam koin baru semua sejumlah 60 jt, tapi grafik sudah menanjak dan ga akan tau kapan turun. Dengan pede exchange smua koin ke koin baru tsb karna takut ketinggalan kereta,dgn harapan menanjak lagi. Akhirnya malah drop seketika dan duit gw jadi hanya senilai 20 jt dan terus menukik. Akhirnya gw cut dan tinggal sisa 10jt.. semua gara2 FOMO.. dan duit buat beli mobil amblas 50jt. Mulai lagi ngumpulin duit.

Note: istri tidak tau masalah ini dan sering tanya duit buat beli mobil kurang brp yah...


**


Aku mau bikin pengakuan. Aku S1 lulusan terbaik dikampusku. Universitas Negeri yang isinya anak-anak sultan. Sekarang aku kerja dengan gaji bersih 7jt.
Sampinganku jadi joki skripsi 3 fakultas yang satu skripsi bisa 4-5 jt dengan pengerjaan maksimal 5 hari.

Yang order siapa? Temen-temen gue yang masuk univ karena duit yah lulusnya karena duit juga sih :D :D

Waktu gue kelar skripsi, gue kewalahan garap punya temen-temen gue. Sekarang gue punya tim buat ngerjain skripsi dan kita Alhamdulillah punya basecamp sendiri buat ngerjain skripsi. Akunya udah nggak ngerjain karena udah jadi CEO di ‘perusahaan’ skripsi buatanku :D :D
Hasil dari duit itu gue bisa biayain kuliah adek gue dikampus gue juga :D :D




Comments

  1. Topik "buka aib sendiri" gini emang asik buat disimak 😁

    but gaya bahasa yang half english like that rada annoying buat diread

    ReplyDelete
    Replies
    1. fortunately gak semuanya like that ya...

      Delete

Post a Comment

Tinggalkan komentar

Terpopuler sepekan

Cerita Seram Api Unggun