Skip to main content

Copyright Infringement

Blog Forem Alia telah dinyatakan melakukan pelanggaran hak cipta oleh pihak Reddit karena menerjemahkan cerita NoSleep tanpa seizin para penulis NoSleep. Ini sepenuhnya kesalahan saya sebagai penerjemah karena berpikir hanya cukup mencantumkan credit dan back link ke cerita asli, sehingga tak pernah meminta izin kepada penulis asli.

Kesalahan kedua adalah saya tidak cermat membaca guidelines di r/nosleep, karena di sana sudah jelas diterangkan tata cara yang benar untuk mendapatkan izin jika ingin merepost cerita-cerita NoSleep.

Oleh karena itu diambillah tindakan dengan menghapus cerita-cerita terjemahan NoSleep dari blog Forem Alia. Dengan kemungkinan cerita akan dipost kembali jika mendapat izin dan persetujuan dari penulis asli.

Saya menghargai dan mendukung sepenuhnya keputusan Reddit karena bagaimanapun mempergunakan sebuah hasil karya tanpa izin dari kreator asli adalah sebuah bentuk pencurian.

Semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita bersama agar lebih menghargai hasil karya orang lain dan tidak mempergunakannya tanpa izin.

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan terima kasih.

...


edit:
*terima kasih untuk semua redditor atas bantuan dan saran yang diberikan. saya sangat menghargainya.
*thank you to all redditors for the help and advice. I really appreciate that.

Comments

  1. Yah.. turut berdukacita gan :( padahal ane udah terjemahkan beberapa cerita Reddit juga buat bantu agan pos

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta izin dulu gan ama yang punya. awas kena semprit juga ntar. hehe...

      itu beberapa udah ane mintain izin dan boleh tetep dipost kok. :)

      yang lain nyusul. pelan-pelan. jadi sementara akan meluruskan izin ini dulu aja.

      Delete
    2. Cara minta izinnya gimana gan?

      Delete
    3. ya lewat PM inbox di reddit.

      Delete
  2. Semangat gan. Tetap ditunggu

    ReplyDelete
  3. semangat om, terus ane dukung blog bagus ini!

    ReplyDelete
  4. Bukannya dulu agan pas di kaskus sempet share screenshot pm minta izin ke beberapa penulis ya?

    Btw sekarang di nosleep udah gaada award per bulan lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu agan yuginta gan. kalo ane emang cuma asal translate.hehe

      Delete

Post a Comment

Tinggalkan komentar

Terpopuler sepekan

Cerita Horor Kaskus

Catatan Atas Awan

4 Cerita Horor Tokyo

Nyasar ke Dunia Gaib Bareng Abang Ojol - [Repost Twitter]

Peristiwa Ganjil di Patahan Amigara