Skip to main content

Utas Diarsipkan

kaskus.co.id

Repost salah satu urban legend dalam negeri yang cukup creepy. Maaf jika sudah ada yang pernah baca. Karena ini kisah yang cukup populer.

Post ini bersumber dari dua trit Kaskus. Trit yang pertama dihapus karena TS mengaku mendapat ancaman dari beberapa pihak (namun trit sempat diarsipkan). Trit kedua adalah repost dari trit pertama oleh TS yang berbeda.

Di postingan ini saya merepost cerita inti serta beberapa komentar kaskuser yang saya anggap menarik. Saya juga melakukan perubahan dengan menghilangkan nama daerah/pihak yang sempat disinggung di trit asli. Karena saya hanya ingin membagikan ceritanya saja.

Percaya atau tidak, kembali ke pribadi masing-masing aja ya...

source:
>> Trit asli (arsip) oleh eomma
>> Trit repost oleh siponyo



Walau sudah googling dengan keyword apapun, kalian takkan menemukan berita ini!

by eomma

Terimakasih kepada agan2 sekalian yang udah bantu rate thread saya ini..

(Sebelumnya,saya ingin menegaskan kembali bahwa trit ini hanya menyorot perusahaan yang melakukan praktek tumbal. Kebetulan saja, perusahaan ini terletak di [provinsi] K)

Saya sungguh tak menyangka trit alakadarnya ini bisa mendapat respon yang sangat banyak dari para kaskuser sekalian. Terimakasih banyak agan2/aganwati sekalian yang udah men share trit ini. Semoga kita bisa mengambil hikmahnya, dan bersama-sama membongkar permainan tak berperikemanusiaan ini.

Kepada agan2 sekalian, saya harap agan2 membaca dengan seksama isi trit ini agar tidak timbul misunderstanding. Kejadian didalam konten trit adalah kejadian yang terjadi dimasa lalu, sekitar tahun 1950an-1990an

Namun saya akui dan saya percaya kejadian ini masih ada disekitar kita. Karena saya juga memiliki pengalaman pribadi terkait aktifitas ini

Assalamualaikum..

Ini tread pertama saya. Inipun saya bikin pakai Hp yang tak terlalu mahal.
Mohon maaf kalau tread ini ala kadarnya.

Trit ini berdasarkan kisah nyata yang saya dapat dari saksi mata yang sampai sekarang masih hidup

Tiga tahun lalu, saya dan keluarga pindah ke salah satu kecamatan di kabupaten H, [provinsi] K.
Saat itu kami ngontrak disalah satu rumah milik penduduk asli desa itu. Rumah yang kami kontrak adalah rumah satuan (bukan kontrakan dempet) dan pemiliknya tinggal disamping rumah kami. Rumah pemiliknya lebih besar dan terlihat bagus karena dibuat dengan kayu ulin yang terkenal mahal dan hanya orang berduit saja yang sanggup membuat rumah dengan bahan itu.
Pemilik rumah itu adalah seorang nenek tua pensiunan guru, tinggal bersama anak dan cucunya. Suami beliau sudah wafat.

Kami jarang berkomunikasi karena saya dan keluarga sering berada diluar rumah. Suatu hari, kebetulan saya sedang libur. Karena bosan dirumah, saya isi waktu dengan menyapu halaman rumah. Tak disangka, Nenek pemilik rumah juga sedang menyapu.
Akhirnya selesai menyapu halaman, beliau menawari saya untuk duduk diteras rumah sambil minum kopi.

Beliau bertanya saya kerja dimana. Saya jawab bekerja di tambang batu bara.
Beliau ini sudah sepuh sekali, umur kira-kira 80an. Tapi cara beliau bicara masih cukup jelas dengan intonasi yang pas dan sangat lancar.

Setelah ngomong ini itu, akhirnya beliau membuka cerita yang menginspirasi saya untuk membuat trit ini.

Cerita tentang ini tak pernah saya temukan di situs pencarian. Maupun tak ada saya jumpai saat buka blog2 misteri. Mungkin karena cerita ini adalah rahasia negara dan orang2 kaya yang punya pengaruh tak terhingga di negara kita. Tapi bila ada agan2 dan aganwati sekalian yang mengetahui kisah ini harap berbagi dengan saya ya...

and this is the true shocking story..

Beliau akhirnya memulai cerita. Dulu, waktu masih muda (saya tanya tahun berapa tapi di jawab waktu masih sekolah SPG katanya) beliau berkunjung ke rumah salah satu teman sekolah di daerah T (maaf saya inisialkan krn saya takut ini menyinggung aib perusahaan)

Orang tua teman beliau itu adalah staff di perusahaan minyak di daerah tsb. Waktu beliau berkunjung ternyata bertepatan dengan peristiwa penting, yaitu pengeboran pertama disalah satu titik minyak baru. (saya tidak mengerti apa istilahnya)

Beliau yang baru saja sampai langsung diajak untuk melihat acara itu. Tapi acara tsb hanya dihadiri staff perusahaan, jadilah mereka mengintip dr lokasi tersembunyi namun dapat melihat dengan jelas acara tsb.

sekali lagi, ini adalah kisah nyata dan banyak saksi hidup yang mau membagi kisah ini..

Saat mengintip acara itu, beliau melihat ada 5 orang anak gadis kecil kira2 berumur 4-7 tahun memakai gaun pesta warna putih bersih memasuki area dibimbing oleh ayah temannya. Salah satu gadis kecil memakai pita bunga besar warna putih dikepala. Teman nya bilang itu adalah adiknya, "cantikkan, ayah membelikannya baju gaun kemarin, rupanya untuk acara ini" kata teman nya.

Tapi kejadian itu tiba2 berubah jadi horor manakala anak2 gadis kecil tak berdosa itu satu-satu dilempar ke lubang galian, dan mesin alat bor pun hidup. Anak2 tak berdosa itu dihentak sampai hancur menggunakan alat bor yang seperti tuas (saya pun tidak tahu seperti apa alatnya, cuma membayangkan dr narasi beliau..)

Setelah dihentak berkali-kali menyemburlah minyak dr lubang itu diiringi tepuk tangan dr para staff yg hadir. Termasuk ayah temannya yang ikut menumbalkan anak gadis kecilnya yang paling bungsu..

(saya sependapat dengan teman2 disini yang mengatakan tidak mungkin yang nyembur itu minyak krn minyak kan masih jauh dibawah. Saya mikirnya apa yang dilihat beliau itu mungkin darah anak2 yang digencet gencet itu, tapi beliau tetap bersikeras kalo yang muncrat itu minyak. Itu pendapat awal saya, karena kisah ini dr beliau, jadi sebagai narasumber dan saksi, cerita beliau saya salin apa adanya dr mulut beliau).

Teman nya langsung teriak dan pingsan! Saya yang mendengar cerita ini pun langsung shock!

Beliau ga melanjutkan cerita bagaimana selanjutnya . Beliau langsung lompat ceritanya ke saat beliau sudah pulang. Saya pun tak terpikir utk nanya karena masih shock.

Dia bilang,temannya itu tak lagi masuk sekolah. Ayah temannya berhenti setelah kejadian itu dan pulang ke kampung tak lama kemudian. (kampungnya sama dengan beliau)
Keluarga itu pulang dengan membawa duit 75jt. Jaman itu duit segitu mungkin kaya 1 milyar sekarang ya.

Anak sulung keluarga itu yg juga mantan teman sekolah beliau tak pernah keluar rumah, dia gila. Ibunya juga jadi gila. Yang masih waras saat itu cuma ayahnya dan adik lelakinya.

Beliau termenung, lalu, melanjutkan cerita...

Dia tanya apa saya mau tau siapa keluarga itu? Saya diam aja, masih shock. Beliau bilang keluarga itu adalah keluarga yang punya rumah dr ulin besar yg ada di ujung jalan desa. Saya terperangah. Saya kenal keluarga itu. Anak lelaki satu-satunya di keluarga itu dan satu-satunya yang masih waras (bertahun kemudian bapaknya gila juga) adalah ayah dari teman sekantor saya..

Ternyata setelah nanya sana sini banyak yang tau cerita model gini. Anak dijadikan tumbal perusahaan, ayahnya dapat duit banyak. Tapi apalah artinya duit yang banyak itu...kalau neraka duniapun tak mampu membebaskannya dr rasa bersalah.

Ternyata banyak perusahaan minyak yang memakai tumbal seperti itu dulu... dan beberapa perusahaan itu masih berdiri kokoh sampai saat ini dan menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia.

Tak cuma perusahaan, utk pembuatan jalan raya maupun jembatan pun di daerah sini banyak yang memakai tumbal anak kecil. Saya sempat jumpa saksi hidupnya yaitu seorang ibu rumah tangga yang dulu waktu dia kecil sempat diculik untuk tumbal tapi berhasil melarikan diri. Sampai saat ini dia masih trauma melihat orang bawa sabit krn penculiknya saat itu membawa sabit utk menggorok leher anak2 kecil lalu disusun di jalan yang akan dibangun. Orang disini rata2 tau kisah ini...

Sedihnya, pemerintah tutup mata. Berita ini tak pernah ada...

maaf atas trit saya yang panjang ini. Saya sengaja login kaskus untuk membagi kisah yang ada tapi dibuat tak ada ini...

(juga setelah saya pikir2 tadi malam abis bikin trit ini, saya merasa nenek itu minta saya untuk tidak terlalu akrab dengan teman sekantor saya yg merupakan cucu pelaku, secara ni temen memang sering berkunjung ke kontrakan saya.. Entah apa alasan sidin, Wallahualam...)

Terima kasih..

TS tidak menyangka trit ini akan membawa dampak seperti ini agan2 kaskuser sekalian. TS melalui trit ini tak bermaksud untuk menyudutkan perusahaan tertentu.

Makanya dr awal yg TS bahas adalah kegiatan tumbalnya yang kebetulan terjadi di perusahaan tsb. Dan ini bukan hanya satu atau dua saja, melainkan banyak sekali perusahaan lain dengan oknum2 yang terlibat.

Sekali,lagi, TS mohon maaf bila TS tak bisa menyebutkan nama perusahaan maupun nama dan alamat narasumber, secara saya memang ga minta ijin beliau untuk menulis di trit ini. Harap maklum gan..

...........................


Original Posted By rudierockblues ►

yoi bener bro .. (dasar bujur sanak ae)
aku orang T
itu namanya PALAS / TUMBAL
hampir seluruh jembatan dikawasan T melakukukan ritual seperti itu
karena katanya penunggu tidak mau digantikan dengan kepala kerbau, dan harus kepala anak anak ..
dan sangat masuk akal untuk pengeboran/tambang KARENA ADA RITUAL PERJANJIAN DENGAN ALAM SEBELAH.

yang menjadi horor, jika ada pembuatan jembatan baru warga harus waspada terhadap anak kecil
karena bisa diculik dan dijadikan tumbal .. warga menyebut penculik itu BIGAL
BIGAL perpenampilan seperti warga biasa yg kadang bawa karung purapura carik rumput untuk ternak ..

untuk sekarang sudah tidak terdengar kabar BIGAL, karena mungkin sudah lebih gampang dengan PERDAGANGAN MANUSIA .

sumber CERITA WARGA PRIBUMI (page 1 sanak)



Original Posted By elvasafuel ►

http://archive.kaskus.co.id/thread/909021/3160
nemu di archiveee...


Kisah ini aku dapat dari sodara sepupu aku yang (Tentara) sebagai Babinsa yang bertugas didaerah pedalaman K.

Kejadiannya terjadi beberapa bulan yang lalu. ada seorang Petani karet yang datang ke sodara aku dan menceritakan kejadian yang sangat bikin miris hati.

waktu itu si petani karet bersama istrinya pergi kekebun karet milik mereka yang berada di daerah perbukitan. kebetulan kebun karet milik mereka ini tidak jauh dari lokasi pengeboran minyak yang baru akan buka.

pada saat sang suami sedang sibuk bekerja, tiba2 sang istri melihat rombongan 2 buah mobil yang tiba di lokasi pengoboran. dari dalam mobil turun beberapa orang dan 1 orang anak kecil perempuan berusia sekitar 4-5 tahun. berkulit putih bersih, memakai baju putih dari atas sampai sepatu pun serba putih dan memegang setangkai bunga di tangannya.

beberapa orang yang di tengarai sebagai Bodyguard mobil tersebut berpencar dan menyisiri tempat itu. si istri petani yang melihat keanehan tersebut segera memberitahukan kepada sang suami perihal itu.

kemudian sang suami pun menyuruh sang istri untuk bersembunyi di rumput ilalang sembari mereka melihat kegiatan orang2 yang ada di bawah mereka.

setelah para bodyguard selesai melakukan penyisiran dan merasa aman, terlihat seorang bapak2 dengan potongan seperti seorang dukun, membakar menyan di sekitar lubang pengobaran.

tidak lama setelah itu, si anak perempuan tersebut di suruh sang dukun mengitari lubang pengeboran... ketika si anak tersebut sudah mengitari lubang sebanyak 3 kali. secara tiba2 sang dukun tersebut mendorong si anak kedalam lubang pengeboran dan begitupun mesin bor ikut dihidupkan dan menghantam anak perempuan tersebut. dan darah segar memencar keluar dari lubang tersebut.

kejadian tersebut bgitu tiba2 dan hampir membuat istri petani karet teriak kaget. untung sang suami sigap dan membekap mulut istrinya. sang suami berkata "Jangan sampai mereka mengetahui keberadaan kita" salah2 kita yang di bunuh.

setelah kejadian tersebut, si petani karet shock dan baru 4 bulan kemudian berani bercerita sama sodara sepupuku.

tapi dari cerita yang beredar, memang di tempat tersebut ada penunggunya. setiap kali melaksanakan pengeboran, mata bor rig tersebut selalu patah. dari kabar yang di dengar, penunggu tempat tersebut minta tumbal seorang anak atau wanita hamil yang baru nikah.

saya saja merinding waktu sepupu saya menceritakan kejadian tersebut, apalagi istri lagi hamil 4 bulan. anak pertama lagi....



Original Posted By callmedenny ►

Ane percaya ini cerita gan , kenapa?
Mungkin kalau agan sekarang. Umur 22++ pasti bakal pernah denger waktu kecil tentang pembangunan jembatan layang itu pake kepala anak kecil di aduk sama mesin ngaduk semen dan coran . Ane pernah diceritain gitu sama emak ane gan waktu kecil

Pejwan kalo minat



Original Posted By oranok ►

klo cerita Adek emak ane lain lagi. mereka numbalin Anak Cewek/Cowok bukan untuk biar dapat minyak nya .tapi buat Awetin intan pengebornya gan. Adek/Kakak emak ane yang cowok itu semua kerja di perusahaan penambangan dan perminyakan . dan mereka semua kasih tau ke ane klo cari kerja mending jangan kesitu. uang banyak tapi dosa yang tidak di sadari banyak juga.



Original Posted By sabdapujangga ►

Kalau dikampung ane juga ada cerita semacam itu tapi untuk pembangunan jemabtan.



Original Posted By InvalidKaskuser ►

Di K mah tumbal begitu sering gan.. Udah ga kaget

Dulu ane pernah diceritain nyokap
Maaf curhat

Waktu nyokap mau lahirin ane, nyokap ditolong sm teman lamanya. Ternyata pas udh menit2 mau lahiran, temen nyokap kayak nyulik nyokap ane. Katanya kamar dikunci gitu terus nyokap ane dipaksa buat cepet lahirin ane. Nah karena ada tante ane yg baru datang kerja (apoteker) maka tante ane langsung meggagalkan niat temen nyokap ane. Singkat cerita ternyata ane dulu mau dijadiin tumbal utk usahanya temen nyokap ane. Nah karena gagal, temen nyokap ane jadi gila setelah kegagalan itu.

Emang kalo tumbal gak diberikan, ada aja masalahnya. Kalau bangunan, bakal runtuh, rusak, dll...



Original Posted By ghopel ►

serem bgt. maaf ts, tb2 saya pusing n mual baca kisah ini...
tp ane jg pny cerita, nyata tp bukan manusia yg d tumbalkan. loksinya di kota dg pemikiran org2nya yg maju.. kejadiannya 2015, dlm pembangunan sebuah rumah besar dengan pengamanan super ketat menumbalkn 1 ekor kerbau besar, ad kepala n darahnya dtanam d tengah2 sdgkn sekelilingnya d kelilingi sm kepala kambing. Ada ritual jg dengan sesaji lengkap d situ saat penanaman jenglot, ad beberapa jenglot katanya n beberapa makhluk gaib lainnya. rmh it mmg spesial untuk bangun rmh segitu jumlah besi yg d beli setara pembuatan hotel bintang 5, 10lantai.
ane bs crita krn ane d bagi daging kerbaunya, n ane suruh buang.



Original Posted By de.wahyu ►

Dulu sekitar tahun 1997 saat awal-awal ane SD di kampung ane salah satu desa di provinsi J juga sempat gempar dengan adanya penculikan dengan modus jualan kasur kapuk gulung gitu gan, kata orang-orang tua dulu hati-hati sama penjaja yg mikul tuh kasur sebab katanya anak-anak bisa diculik dan dimasukin di gulungan kasur itu, ada saksi sih katanya yg sempet lihat di gulungan kasur salah satu penjual yg ngejajain itu terlihat telapak kaki anak-anak, korban penculikannya ya itu buat dijadiin tumbal pembangunan jembatan atau gedung-gedung besar. Saat itu asli horror banget tu kehidupan rasanya sampe-sampe ane dan anak-anak yg lain dipakein gelang rajutan dari benang 3 warna gitu, merah, hitam, kuning seingat ane warnanya, tuh gelang dipercaya buat nangkal tuh penculik (ampuni hamba dan keluarga yg dulu sempat menyentuh lemusyrikan ya Rabb).

Wallahu'alam.



Original Posted By ejotsamsak ►

sampe sekarang masih ada kok gan yg pke tumbal.
terakhir d tempat ane 13 kuli jadi tumbal.



Original Posted By andraclown ►

Berhubung ane juga orang K gan itu bener kok gan ane pernah liat dengan mata kepala ane sendiri kepala orang gelantungan dibawah jembatan dan ini horror banget itu sekitar tahun 2008 an



Original Posted By reivenom ►

yang boneng bisa buat kokoh
gosip nggak neh ?

gan kayak gitu mah biasa.ada yg disengaja ditumbalkan ada pula yg gak disengaja.ada 2 kasus kalo soal tumbal menumbal.
Contoh nyata perusahan kertas terbesar di indo dan asia tenggara.ane gak mau sebut merek ya gan dan ane saksi mata beserta ribuan mantan kontraktor juga karyawan sana kalo setiap pemilik PT nya datang.pasti ada yang mati. Dan parahnya gak pernah masuk tivi gan beritanya.
Pernah ada kejadian kecelakaan saat kontraktor T yang anggotanya puluhan orang alami kecelekaan disebuah power boiler.Puluhan anggotanya jatuh dari eskapolding.
Yang moto2 korban tewas ama luka diambil hapenya ama security. Besoknya ada peraturan baru dilarang bawa hape dalam areal industri dan parahnya berita yg wafat berapa orang gak ada yang tau. T tutup mulut.
Sering gan ada yang insiden tewas entah perorangan atau rame gak keendus media.Tu PT gua akuin hebat ama kuat duitnya.
Trus kalo yang tumbal gak disengaja kayak proyek pembuatan waduk batu tegi gan.Tu kan dipinta tumbal 20 pasang ayam jantan dan betina (orang maksudnya.kan kaki 2 tu ayam) didalem mimpi bos proyeknya ama jin penunggunya.gak dikasih.malah insiden ambruknya bunker diwaduk itu.puluhan orang wafat aja jadi tumbal gan..

 sama gan.ane juga..
Ente membuat ane teringat masa lalu pedih ane



Original Posted By cahbolank ►

Isu perburuan kepala manusia juga berembus kencang di Pegunungan M, [provinsi] K, pada tahun 1980-an. Anna L Tsing dalam In the Realm of the Diamond Queen melaporkan bahwa orang-orang [suku asli] mempercayai desas-desus tentang perburuan kepala mereka oleh petugas pemerintah, dan hal ini dikaitkan dengan mesin-mesin pengeboran minyak milik [perusahaan] yang tidak berfungsi. Dipercayai oleh orang-orang M bahwa kepala mereka akan dijadikan tumbal agar mesin-mesin pengeboran minyak itu dapat berfungsi kembali.

DAPET SEDIKIT POTONGAN ARTIKEL NIH GAN...



Original Posted By uja14 ►

tetangga ane lg kerja proyek jalan juga pernah liat orang pada dimasukin ke cor coran... gara" ntu dia langsung pulang, kaga berani kerja kek gituan lg...
yg terbaru sih 2014 lg ada pembangunan pabrik semen di daerah ane, disono ada pekerja yg dicemplungin ke cor coran... ngeriiii



Original Posted By jangantanyasaya ►

berarti kalo abis abis ada proyek, ente perhatiin aja sapa yang jadi gila gan...



**


Original Posted By ponihitam►

Gak sempat ikutin trit awal. Jaman ane ABG dulu sering denger tumbal anak kecil setiap tahun di pabrik2 gula di jawa. Katanya sih sudah ada sejak jaman belanda. Entah klo sekarang.




Original Posted By uoykcuf►

dah tau gan kalo make tumbal korban anak2 gtu, tp ane ga tau kalo anaknya d lempar k lubang bor dan lbh ane ga tau lg kalo yg d tumbalin anak sendiri. ane kira di culik lalu d gorok (ngayaw)
untuk kota, ane rasa itu pasti T.



Original Posted By flakeheartnet►

Abis baca thread ini ane penasaran dan setelah cari2 ternyata ada artikel tahun 1980 an yang menguatkan cerita di thread ini. Ane bookmark dulu buat konfirmasi lebih lanjut.

Edited: ternyata bukan cuma artikel tapi buku judulnya "In The Realm of Diamond Queen" karya Anna Tsing. Bukunya d jual d Amazon. Sayangnya ane ga sanggup beli tuh buku.



Original Posted By Mr.Foreplay►

pasti di daerah

T wkwkwk

KABUPATEN T

wkwkwkwk

dulu pas gw kecil sering di wanti2 sama ortu, kalo liat org bawa karung langsung lari k rumah ato masuk k rumah tetangga


**


Original Posted By can222222►

Ane lahir dan besar di K jd udh sering dngr cerita2 Urban legend ttng tumbal proyek ini... ktny klo tu penunggu tempat ga mempan lg dikasih tumbal kepala kerbau.. ya udh pasti d kasih tumbal manusia.. klo ga anak2 biasanya orang dewasa pendatang ...mkny dulu sering ada kejadian orang hilang kemungkinan ya d culik d bunuh jd tumbal...wallahualam



Original Posted By kalisengge►

Waktu sd gw jg sering denger kalo mo bikin jembatan harus tumbal kepala biar jembatannya kuat.

Kalo jaman dulu orang amrik mo ngegali tanah untuk cari minyak ga pake tumbal, sukses2 aja tuh. Orang indo jaman dulu byk yg belum tersentuh agama mungkin




Original Posted By dchristiantoo►

Kalo ane nih, nenek ane ya yg ngmng katanya dulu bikin jembatan/tower/apalah gangerti ane .. Pake kepala gtu gan ditanem / badanya, lupa ane wkwkkw kurang lebih gtu dah




Original Posted By t.21►

Wah soal tumbal ya...
Ane pernah denger juga dari tetangga, waktu muda ikutan kerja di proyek, waktu itu proyek dam/ bendungan gitu. Nah katanya di sisi dam ada lah disisain lobang bentuknya kotak gitu. Nah ada 2 orang yg ditumbalin, 1 wanita dewasa trus yg 1 anak perempuan usia sd gitu, keduanya didandani cantik, baju bagus, trus yg anak kecilnya dipakaikan seragam sd gitu. Ane kan tanya trus mereka emang nggak berontak klo dimasukin ke lubangnya gitu?? Kata tetangga ane mereka udah kyk "dibodohkan" atau apa ya istilahnya udah kyk kosong gitu. Jadilah 1-1 dimasukin ke lubang terus lubang itu dicor.
Kebenarannya wallohualaam ya, ini cerita tetangga ane.
Semoga kita semua dijauhkan dari tipu daya setan ini ya gan.




Original Posted By erman333►

bokap ane kontraktor di pt ternama gan salah satu bumn, tapi ane kok ngga pernah di ceritakan yang seperti itu ya
klo kejadian seperti pekerja meninggal atau apa sudah sering gan, setiap ada proyek pasti ada aja yang meninggal 1 orang, ntah jatoh ke dalan boiler atau ke giling di mesin aduk semen ntah jatoh dari gedung




Original Posted By arie.ilkur►

langsung aja gan, T itu kota XX, dan perusahaan minyak itu XXXX kan? ane lahir dan besar di kota ini gan, sekarang masih kerja disini. tumbal untuk buka sumur minyak XXXX ane ga pernah dengar gan, jaman dlu XXXX udah canggih banyak insinyur insinyurnya juga gan, malah dari luar negeri juga. hati2 menyebarluaskan informasi gan. tar dituntut XXXX loh, ane gak kerja di XXXX, n keluarga ane juga bukan org XXXX kok.

kalo tumbal untuk pondasi jembatan sih pernah memang ada dsini. itu pun dulu bgt waktu ane kecil, sekarang udah gak ada kayak begituan.




Original Posted By djidek►

di daerah ane juga ada rumor kayak gini gan. tapi bedanya di daerah ane pabrik gula. itu juga jaman dulu gan



Original Posted By yessiko►

Hiii, sereeeemmmmmm. Kalo jaman sekarang kayanya itu hanya mitos sih gan, kalo orang2 dulu memang bener kalo bangun jembatan (gantung), di tiap tiang ada 1 tengkorak manusia. Tapi itu dulu, sekarang sih hanya peninggalan2 aja di jembatan2 yang udah tua. Tapi faktanya, ane pernah ngalamin sendiri, diatas jembatan di kampungnya emak ane di kabupaten L, pas pengen ngerokok dan mau nyalain korek api, ga bisa nyala2 gan. Pas ane ngelangkah lewat dari jembatan, koreknya nyala dan bisa buat bakar rokok. Entahlah, mungkin ada yang niup apinya makanya padam terus



**


giovanni2406►

perasaan ane juga pernah ikut komen di sini tapi setelah ane cari satu persatu gak ada ya komen ane,yaudah ane tulis aja.
Ane gak tau ya ini bener apa kagak,cerita ini persis banged sama cerita yg di kasih tau nyokap ane karena dia adalah saksi dari kejadian tersebut, alm lahir dan menghabiskan masa kecil di daerah MP itu daerah perusahaan minyak itu. dia bilang kalo mau buka sumber minyak harus melempar anak kecil perempuan tapi yg albino karena itu adalah salah satu syarat untuk membuka sumber minyak itu, dia bilang anak cewek itu sebelum di tumbalkan di manja² bak seorang putri, di kasih makan yg enak², di belikan mainan, di kasih baju bagus, di dandani cantik lalu kata nyokap ane tiba² aja anak cewek itu di lempar ke sumur minyak dan seketika darah muncrat [nyokap ane menceritakan dgn mimik kecemasan dan sempat membalikan wajah seakan mengingat apa yg dia lihat di masa itu] lalu di ikuti dengan semburan minyak.
Ane pun terkejut liat trit ini soalnya veritanya sama persis seperti nyokap pernah ceritain.




keshangkut►

ane pernah denger ceritanya gan, kalo gak salah sih, dulu pernah dijelasin kalau tumbal itu harus orang yang paling dekat atau orang yang disayang, karena kalau bukan dari orang yang disayang efeknya akan beda, jadi demi kekayaan atau ancaman akhirnya ada beberapa orang yang rela darah dagingnya sendiri jadi tumbal untuk hal hal yang kayak gitu......Yahhh walau pada akhirnya kekayaan seberapapun gak akan pernah bisa ngeganti rasa bersalah yang udah lahir




deactivated►

Dulu sempet baca ya, ane save page di browser hp lama, kemudian tritnya ilang... Share dikit cerita ane : tumbal2 itu masih ada di jaman sekarang, jauhi kegiatan proyek gan... ane dulu ada proyek jalan di deket desa, tahun 2011an... tp gobloknya, ane sering maen kesana, lari2 sore atau sekedar nonton proyek sambil nyari sinyal 3g buat donlod mp3 sampe pilm iykwim ... dari proses keruk tanah/bukit sampe jembatan dicor/aspal ane wira wiri... Sempet ane mancing sendirian, ada kubangan aer bekas kerukan proyek di deket kali, ada kendaraan suv stop di dekat ane, ford everest yg bikin proyek, entah orangnya nanya apa lupa perasaan ane jd ga enak sih... Lngsng pulang deh... habis itu denger rumor banyak pekerja yg mati jd tumbal...anehnya ga ada beritanya sama sekali di media...
1 hal yg bikin rumor itu ane percaya, ada sebuah pohon yg udah ambruk pas dibuka lahan, lokasi deket kali yg dibangun jembatan, setelah agak lama lalu didiriin lagi! Emang pohonnya agak angker, penunggunya minta tumbal & pohonnya berdiri lg *katanya*, kalo pohon ga penting udah ambruk ya ga mungkin digituin kan?
tapi soal tumbal dicor beton jembatan ane ga lihat gan, entah ada atau ga ada, ane lewat lari2 di proyek aja berasa aneh, kayak ada yg ngawasi, jg kayak dilihat aneh ama orang2 sekitar proyek, org kampung sebelah (mungkin "berani amat nih bocah, ga takut diculik trus tumbalin", pikir orang2),




tigernote►

Setau ane dr banyak cerita..
Untuk pembangunan dan pembukaan suatu tempat baru misal tambang, jalan, jembatan, pelabuhan dan lain2 dibutuhkan 'pembersihan'.. kadang dan seringkali memang pembersihan itu meminta tumbal, dan yang paling parah memang tumbal manusia..
Kepercayaan mistis memang masih kuat di indonesia..
Di kampung ane yg trpencil untuk bangun jembatan kecil yg ga lebih 5meter aj katanya pake tumbal 2 kepala anjing... katanya lagi supaya jembatannya kuat dan tidak makan korban pengendara.. untuk lain2nya juga mungkin tumbal itu supaya proyek berjalan lancar,,dll...
Dan belum lama ini juga ane penasaran nanya seseorang penduduk lokal (ane merantau) kenapa pelabuhan fery yg baru d bngun itu ga diselesaikan, padahal sedikit lagi rampung..
Katanya 'makhluk' d sekitar sana belum bisa ditenangkan, dan butuh tumbal lebih banyak.. padahal ane udah bner2 syok saat d bilang untuk tiang paling ujung aja udah d tanam 2 kepala manusia.. bangke lah... pdhl sblm2nya ane k sana suka mancing krna memang tempatnya bagus dan menjorok jauh k laut.. dan coba tebak posisi mancing favorit ane.. TIANG PALING UJUNG..
baik...
Tau spt itu ane ga kn pernah mancing k sana..




playboobs►

Ane pernah denger cerita seperti ini dr kenalan ane (entah cerita benar atau rekaan ) yang kerja sbg kontraktor perusahaan pengeboran namun sudah resign dan beralih kerja. Alasannya seperti yang ts kemukakan.

Beliau bercerita :
Saat suatu lahan disinyalir memiliki kandungan minyak maka belum tentu dalam sekali pengeboran bs langsung mendapatkan minyak.

Pada saat itu ada beberapa kontraktor yang di tunjuk, pada saat kontraktor asing mengandalkan teknologi yang muktahirpun belum tentu mendapatkan minyak pada saat pengemboran 1 Titik.

Nah waktu itu si client ane dia sudah mencoba s.d lebih dr lima titik namun belum mendapatkan minyak, kemudian team dateng ke orang pinter dibilangnya harus ada darah yang tercurah dahulu supaya dapat minyak.

Kemudian team mencari kambing untuk sajen....
Kmudian kambing dmasukan ke sumur dan dibor namun tetap gagal.

Kemudian datang lagi ke paranormal tsb. Kemudian paranormal tsb bilang harus ada darah manusia yang tertumpah. Di sono team langsung bergidik berpikir pasti akan ada kecelakaan kerja.

Namun dengan tenggang waktu yang makin tipis dan biaya pengemboran yang semakin besar, team memutuskan hal yang diluar kewajaran.

Team menculik ORANG GILA.

Kemudian saat malam hari, team menceburkan tuh orang gila ke salah satu sumur dan kemudian mesin bor masuk membunuh si orang gila, tak lama kemudian minya mentah berwarna hitam pekat keluar nyemprot dari tuh sumur.... Dan team bersorak sorai....

Gak lama kenalan ane memutuskan resign dr perushaan tsb.

Ini ane dengar dr kenalan ane waktu th 2004.
Ngeri ngeri sedap





radicalrez►

ane pengalaman kerja di tambang minyak gak pernah tuh pake yg namanya tumbal, tapi kalo soal nolongin orang mau tenggelam pernah bbrp kali. padahal di tempat kejadian tinggi air cuma 30 s/d 40 cm (menurut orang normal), tapi aslinya ada yang narik (ada setannya)...




tuyulkencing►

TS sempat menyebut "Perusahaan Pembuatan Jalan Raya".
Ane dari Kalimantan Selatan yang kebetulan kerja di Kalimantan Tengah, tepatnya di Muara Teweh gan.
Ane kerja di salah satu perusahaan pembangunan jalan disini (karena ada banyak perusahaan pembangunan jalan disini gan)
Selama ane kerja disini, nggak ada yang namanya tumbal untuk pembuatan jalan baru gan. Selama ane kerja disini, perusahaan tempat saya bekerja sdah banyak membuka lahan pembuatan jalan baru, salah satunya jalan trans kaltim yang berada di Benangin, Liang Buah, Kalimantan Tengah. Dan tidak ada satupun memakai tumbal untuk pembukaan jalan baru disana.
Bahkan ketika mendirikan AMP (Alat pencampuran aspal dan material jalan) tidak memakai tumbal manusia seperti yang TS sebutkan. Kami hanya melakukan ritual selamatan dengan penyembelihan 1 ekor kambing. Agar diharap bisa selamat dan tidak ada gangguan dari makhluk alam sebelah, ketika bekerja.

Sekian penyampaian dari ane gan. Mohon difikirkan lebih lagi.

BTW dulu orang yang nyari tumbal2 gitu disebut "Ngayau" gan. Itu cuma trik orang tua buat nakut-nakutin anaknya agar anaknya tidak keluar rumah dan tidak terlalu bermain diluar gan.



Comments

  1. Gan gak post yang "Namaku Setan" kalau gak salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, pgn repost itu juga kapan2. tapi jangan keseringan repost lah.hehe. buat ngisi kekosongan aja.

      Delete
  2. Gila si kalo emang beneran ada, ternyata cerita ttg pesugihan bisa seseram ini ya??


    Oh iya bang, request terjemahin cerita nosleep yg judulnya correspondence dong!!

    ReplyDelete
  3. Mirip cerita di borrasca yg manusia di lempar di mesin

    ReplyDelete
  4. Ane juga pernah nyaksiin dg mata kepala ane sendiri gan.. bapak2 ngorbanin anak angkatnya, di jatohin dr tebing, demi dapet soul stone.. bgsd emg tuh bapak2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaga.. ingin berkata kasar saya

      Delete
    2. Anjay soul stone

      Delete
  5. Gw jg pernah baca tritnya di kaskus.

    Btw kalo ga salah ada anekdot.

    Suatu hari di zaman penjajahan VOC ada seorang pribumi bertanya pada salah satu insinyur yang sedang membangun jembatan.
    "Meneer, kok bisa sih bangun jembatan di sungai besar seperti ini? Kokoh juga jembatannya".
    "Tentu saja bisa. Karena kami menggunakan ini" kata si meneer sambil memegang kepalanya.

    Well dari situ si pribumi menyangka harus memakai kepala manusia, padahal yg dimaksud adalah dengan menggunakan otak.

    End

    ReplyDelete
  6. Bullshit.. paling cuma 1 persen dari cerita orang tentang ini yg bener" terjadi

    sisanya khayalan

    ReplyDelete
  7. Ada yang ngayal ada yg benar. Memang ditumbalkan, tapi belum tentu tumbal sendiri itu nyata.

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan komentar

Terpopuler sepekan

Peristiwa Ganjil di Patahan Amigara

Ada yang mau tanya soal kemampuan ghaib dan indigo?

Cerita Seram Api Unggun

Don't Fear the Reaper

Pengalaman diculik jin

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 1]

Cerita Horor Kaskus