Skip to main content

Masa Depan Blog Ini

Halo, Teman-teman. Semoga sehat-sehat semua.

Maaf akhir-akhir ini jarang ngepost. Mungkin sudah banyak yang berpikir bahwa penyebab jarang ngepost adalah karena isu pelanggaran hak cipta beberapa waktu sebelumnya (sudah lebih dari setahun sebenarnya). Jawabannya ya dan tidak.

'Tidak' karena sebenarnya saya sudah mulai jarang ngepost sebelum ada isu tersebut. Alasannya karena memang sudah jarang baca cerita-cerita NoSleep dari Reddit. Dan 'ya' karena isu pelanggaran hak cipta tersebut akhirnya menjadi pemicu saya benar-benar berhenti menerjemahkan cerita NoSleep.

Sedikit cerita, saya menerjemahkan cerita bukan karena bisa berbahasa Inggris, sebaliknya malah karena gak bisa bahasa Inggris makanya belajar dengan menerjemahkan beberapa cerita yang saya anggap menarik. Alasan lainnya adalah karena saya ingin belajar menulis cerita. Ketika kenal dengan NoSleep untuk kali pertama, saya tertarik dengan konsep mereka yang ide-idenya bebas dan gaya penceritaan cenderung ringan. Dan saya berpikir mungkin dengan menerjemahkan beberapa ceritanya akan bisa menambah ilmu menulis saya.

Sebenarnya tak hanya NoSleep. Dalam rangka belajar menulis, juga sering menonton film dan kadang membuat subtitlenya (belum banyak). Bahkan sekarang sedang proses menyelesaikan sebuah subtitle. Yang mungkin nanti akan saya bahas di sini.

Jadi bersamaan dengan post ini, saya ingin memberitahukan bahwa mulai saat ini blog ini tidak akan fokus membuat cerita terjemahan NoSleep seperti sebelumnya (Padahal memang sudah jarang pernah menerjemahkan lagi. Jadi biar resmi aja). Tapi saya akan tetap membuat postingan yang berhubungan dengan cerita, dunia internet, hiburan, inspirasi, dan bacaan lain yang saya anggap menarik. Seperti yang sudah terjadi di postingan-postingan belakangan ini. Sebagai bocoran, mungkin hanya akan ada tambahan post berupa rekomendasi film atau buku menarik yang saya temukan.

Bukan berarti saya tidak akan menerjemahkan cerita NoSleep lagi. Jika suatu hari menemukan cerita yang menarik dan berhasil mendapatkan izin menerjemahkan, tentu saya akan menerjemahkan lagi.

Harapan saya untuk blog ini dan untuk saya pribadi adalah ingin bisa mengepost cerita hasil karya sendiri suatu hari nanti. Barangkali sebuah cerita panjang yang akan update berkala. Tapi masih lama hingga saat itu datang. Masih banyak yang harus saya pelajari. Maka untuk sementara harap maklum dengan isi blog yang belum bisa orisinil karangan pribadi.

Ini saja yang ingin saya sampaikan. Semoga keputusan ini bisa membawa blog ini menjadi blog yang lebih baik. Terima kasih.


Comments

Post a Comment

Tinggalkan komentar

Terpopuler sepekan

Cerita Horor Kaskus

Peristiwa Ganjil di Patahan Amigara

Ada yang mau tanya soal kemampuan ghaib dan indigo?

Cerita Seram Api Unggun

Don't Fear the Reaper

Pengalaman diculik jin

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 1]