Skip to main content

Trik Psikologi yang Benar-benar Berhasil

* Transkrip dari video TikTok @onlyjayus

source: https://www.facebook.com/BuzzFeedCanada/videos/839183743273695/


TikTok: @onlyjayus


Beberapa trik psikologi yang kupelajari dari kelas Psikologi Umum tahun lalu dan benar-benar berhasil karena aku sudah mempraktekkannya.


- Orang cenderung merasa tak nyaman dengan suasana hening dan alam bawah sadar mereka akan berusaha mengatasinya dengan bicara. Hal ini sangat berhasil terutama jika kau sedang adu mulut dengan seseorang dan mereka mulai berlaku menjengkelkan. Maka jangan mengatakan apa pun. Biarkan mereka lebih dalam membeberkan diri mereka sendiri dan dengarkan kata-kata muntah dari mulut mereka.


- Kau bisa tahu mana temanmu yang sedang suka dengan siapa dengan sedikit memperhatikan. Jika kalian sedang berkumpul ramai-ramai dan hal lucu terjadi atau ada yang menceritakan lelucon orang cenderung tertawa sambil melihat orang yang paling dia sukai.  Aku juga meminta maaf jika saat kau melakukan ini kau menyadari tak ada seorang pun yang melihatmu.


- Aku tak bilang boleh untuk berbohong, karena memang tak boleh. Tapi jika suatu saat kau ingin membuat orang percaya dengan kebohongan yang kau coba ceritakan, silakan saja dan selipkan detail memalukan tentang dirimu. Ini akan selalu berhasil selama kau menceritakannya dengan percaya diri, dan kebohongannya bisa dipercaya.


- Satu lagi yang sangat membantuku saat aku bekerja sebagai Customer Service. Jika seseorang berteriak padamu atau bersikap menjengkelkan, katakan saja, “Maaf, ada sesuatu di gigi Anda.” Ini akan sangat membantu mereka sadar diri dan akan menghentikan mereka setiap saat.


- Kau tahu bahwa lelucon semakin tak lucu saat semakin sering kau mengulanginya? Kau bisa mengambil keuntungan darinya. Misal saja kau sedang berkumpul ramai-ramai dan seseorang membuat lelucon tentang dirimu, dan kau tak menyukainya. Katakan saja, “Apa?” dan ulangi. Lalu, “Maaf, kau bilang apa? Aku tak mendengarnya.” Dan orang itu akan mengulangi ceritanya. Di kali ketiga atau keempat, tak ada lagi yang akan tertawa mendengar leluconnya.


- Jika kau sedang di acara pesta dan kau membawa minuman di tangan, jangan memegangnya tinggi dekat dada, peganglah lebih rendah dekat pinggul. Ini akan membuat kau tampak lebih terbuka dan percaya diri dan orang akan lebih bersedia untuk datang dan ngobrol denganmu.


- Aku orang yang sangat canggung, dan aku pernah membuat video memalukan secara online dahulu kala. Jadi sayangnya aku harus sering-sering teringat. Jika kau pernah merasa malu pada sesuatu yang pernah kau lakukan bertahun-tahun lalu, hentikan dirimu dan cobalah ingat hal memalukan yang pernah dilakukan orang lain. Mungkin kau tak akan bisa mengingatnya. Jadi ini artinya tak ada seorangpun yang mengingat saat kau masih tahun pertama dan kau salah mengucapkan ‘mee-mees’ dan bukannya ‘memes’.


- Jika kau melihat atau menatap bibir seseorang dalam percakapan, itu akan membuat mereka berpikir kau tertarik pada mereka. Tapi jika kau melihat pada dahi mereka, itu akan membuat mereka merasa terintimidasi dan tak nyaman... tolong gunakan ini dengan bijak. Jangan ke mana-mana dan membuat orang merasa tak nyaman karena alasan yang tak jelas.


- Yang terakhir ini selalu kugunakan di Customer Service. Jika kau membuat kesalahan atau membuat orang menunggu lama, jangan minta maaf atau mengatakan “Maafkan saya,” pada pelanggan. Sebagai gantinya ucapkan terima kasih dan katakan hal yang serupa dengan, “Terima kasih sudah sabar menunggu.” Ini bisa mengalihkan perhatian dari kesalahan yang terjadi dan berubah menjadi pujian kepada mereka karena masih bertahan denganmu yang biasanya akan membuat perasaan mereka menjadi lebih baik dibanding mengucapkan “Maafkan saya.”


- Jika kau sedang berjalan dan kau terburu-buru, tatap saja lurus ke depan ke tujuanmu. Orang akan menyingkir dari jalanmu. Aku menggunakan trik ini saat aku sedang menyusuri kampus dengan sepatu bertumit tinggi. Aku hanya menatap lurus ke depan, tidak membuat kontak mata dengan siapa pun dan itu berhasil.


- Jika kau sedang di tengah percakapan bersama seseorang dan kau ulurkan sesuatu padanya, mereka akan menerimanya, dan ini sangat lucu karena mereka tak menyadarinya. Berlaku juga sebaliknya. Jika mereka memegang sesuatu di tangan dan kau ulurkan tanganmu, mereka akan memberikan apa pun itu padamu tanpa tahu alasannya.


- Tersenyum bisa benar-benar mengubah hidupmu. Tersenyum pada bartender, kau akan mendapat minuman lebih cepat. Tersenyum pada rekan kerja, mereka akan bersedia menerima permintaan tukar shift. Tersenyum pada anak-anakmu, mereka akan merasa disayangi. Tersenyum pada pasanganmu, mereka akan bertanya-tanya apa yang telah mereka lakukan hingga membuatmu begitu bahagia. Tersenyum padaku, aku akan tersenyum balik padamu! :)

Tersenyumlah pada siapa pun yang kau temui. 

Tersenyumlah pada cermin sekali-sekali dan kau akan merasa lebih baik. :)



Comments

Post a Comment

Tinggalkan komentar

Terpopuler sepekan

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 1]

Peristiwa Ganjil di Patahan Amigara

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 4]

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 2]