Skip to main content

Pulogadung Adventures

*Jadi dulu saya suka nulis pengalaman pribadi menjadi semacam cerita pendek gitu, terinspirasi dari buku Kambing Jantan-nya Raditya Dika. Ini adalah salah satu cerita yang berhasil terselamatkan--beberapa cerita lain sudah terhapus atau memang sengaja dihapus di blog yang lama. Saat beberapa waktu lalu saya baca lagi, heran kok zaman dulu bisa nulis seperti ini.

Sebagai pengenalan latar. Cerita ini berlatar saat saya sedang magang di salah satu perusahaan di Jakarta, saat masih kelas 3 SMK (ya, belum lulus sekolah). Saya berharap harusnya lebih banyak menulis cerita saat sedang di sana di masa-masa itu.

Harap maklum dengan gaya tulisannya, karena ini ditulis lebih dari 10 tahun yang lalu. Mungkin bukan cerita yang bermakna, tapi izinkan saya post di sini untuk kenang-kenangan sekaligus mengisi kekosongan.

***


Pulogadung Adventures

by Hary S.


cnnindonesia.com


Rencananya sih sederhana. Gw balik dari PT jam setengah lima sore. Langsung pulang ke kontrakan, gak perlu mampir mampir. Mandi, terus berangkat dengan bekal yang udah dibungkus rapi dalam ransel. 

 Well. Gw mau balik kampung. Udah kebelet pengen minta kerok sama ibu. Gw mau naik bis dari Terminal Pulogadung. Sebenernya gw juga belum pernah menyatroni tempat ini, so ini bakalan jadi pengalaman pertama gw jalan2 ke sana. Gw gak sendirian, ada Aprie, temen satu kontrakan, satu pabrik, sekaligus temen satu piring satu perjuangan gw. Lagian gw juga udah nanya-ninyi sana-sini tentang Pulogadung dan cara pulang ke Solo dari sana.

 " Di sana kan nanti ada banyak papan namanya, Har," kata Lilik, temen satu kontrakan yang lain. "Udah ada papan buat bisnya mau jurusan kemana.”

“Ooo..,” jawab gw paham. Terlintas di benak gw bus2 yang berjajar rapi dengan tulisan gede2 di atasnya; SOLO. Gw nyengir penuh kemenangan.

” Gak usah beli tiket, nyetop aja langsung. Malah lebih murah daripada beli di agen,” kata temen yang lain, Rudi, yang memang ahli dalam perbisumuman. ”Ibu gw kalo pulang dari Jakarta juga gak pernah beli tiket,langsung nyetop aja dari pinggir jalan. Sampe udah pada hapal semua sopir ama keneknya.”

”Iya?”

”He-em.”

Gw manggut2. Kali ini terbayang sebuah bus yang melaju pelan dengan sebuah kepala teriak2 nongol di pintu depan,”Ayo Solo..Solo..Solo. Ayo mas! Solo mas!”

Gw nyengir lagi.

***

Aprie berjalan di samping gw sepulang dari PT. Kali ini dengan kecepatan 3 lpd (langkah per detik). Ya, bisa dibilang ngebut lah. Sebuah khayalan menyenangkan mengambang di depan mata kita berdua; kampung halaman.

”Har,lo yakin udah tau Pulogadung? Gw gak mudeng pokoknya. Pokoknya gw ngikut lo aja,” tiba 2 Aprie bertanya ragu.

”Udahlah nyante aja,dulu aja Lilik berangkat jam 11 malem bisa dapet bis. Kita pasti juga bisa lah.”

”Tapi gw belum pernah ke terminal Pulogadung, bisnya juga gak tau yang mana yang ke Solo.”

”Kalo masalah bis ke Solo mah gw udah apal. Pokoknya beres!” gw meyakinkan sohib gw yang satu ini.”Kita tinggal ikutin aja apa pesen Lilik kemarin. Nyari yang ada tulisan jurusan ke Solo,gitu kan?”

”Iya. Oke deh kalo gitu.”

Nyampe di kontrakan kita langsung cepet2 mandi n beres2. Namun di luar langit udah semakin gelap. Lebih gelap dari yang seharusnya malah, karena mendung.

Kita berangkat setelah berpamitan seadanya dengan temen2 di kontrakan. Sudah hampir Maghrib saat gw sama Aprie keluar kontrakan dan berdiri menunggu angkot ke jalan raya untuk selanjutnya naik bis ke Pulogadung. Langit udah benar2 gelap.

“Kayaknya bakalan hujan nih. Lo bawa payung gak, Har?”

“Enggak.”

BRUSSSS.....

Baru juga mingkem eh hujan langsung turun dengan lebatnya sementara gw sama Aprie masih bengong di emperan rumah orang. Akhirnya kita menunggu di teras sebuah rumah sambil berusaha menjaga badan tetep kering

“Itu, Har, angkotnya dateng,” beberapa waktu kemudian Aprie nunjuk angkot butut yang tampak buram di balik hutan air.

Gw langsung masuk ke dalem angkot mengikuti Aprie. Hujannya benar2 lebat. Belum juga lima belas menit ninggalin kontrakan jaket udah kebasahan gini. Tapi bayangan kampung gw yang damai membuat gw gak peduli sama dinginnya udara saat itu.

“Mau balik kampung ya?” seorang penumpang cowok di dalam angkot yang masih seumuran nanyain gw.

“I...iya. Mas juga ya?” jawab gw. Baru sadar ternyata dia juga salah satu karyawan di A*M. “Bukannya ada lemburan, Mas?”

“Emang ada sih. Tapi bodo amat lah. Gw pingin balik mumpung ada tanggal merah. Masa kerja gak pernah libur, bikin males aja,” kata mas-mas itu. “Kamu gak ada lembur?”

“Enggak. Kita gak dikasih lembur kok. Jadi tiap sabtu-minggu libur.”

“Oo kalian yang anak magang itu?” mas-mas itu tampak agak terkejut,”enak dong libur terus.”

“Haha iya enak, cuma kalo beli makan gak bisa beli yang enak2,” kata gw jujur, kami anak magang emang mendapat upah yang tidak sebesar karyawan asli. “Mau pulang naik apa, Mas?”

“Kereta. Naik dari Senen. Kalian?”

“Naik bis aja. Dari Pulogadung.”

“Oh. Hati2 lho. Katanya di sana banyak calo.”

Gw cuma masang senyum goblok mendengar nasehat mas-mas ini. Calo? Bukannya calo itu yang suka ada di stasiun yang kerjanya ngejual tiket dengan harga spesial itu? Gw belum pernah liat yang namanya calo di terminal tuh kayak apa. Semoga mereka orang baik yang bisa dimintai bantuan. Amin...

Hujannya makin deras saja. Angkot yang gw naikin jalannya pelan minta ampun. Gw sih gak nyalahin sopir atau angkotnya, karena jalanan di depan benar2 hampir tak kelihatan. Gw aja gak tau sekarang udah nyampe mana nih besi tua. Yang terlihat dari kaca jendela hanya buyaran warna putih keabu-abuan air hujan. Hanya ada sesekali tampak motor atau mobil yang mendahului hilang tibul dalam warna itu. Bangunan2 di pinggir jalan tak cukup dekat untuk bisa gw kenali.

Setelah beberapa menit akhirnya angkot berhenti di tempat yang gw nantikan; jalan raya yang dilewati bus ke terminal. Gw melihat beberapa mobil berseliweran didepan angkot. Itu pasti jalan raya. Seorang penumpang juga turun. Gw mengikuti dia turun.

“Ayo, Prie!” gw nyolek Aprie sambil mengulurkan uang ke pak sopir.

“Turun sini, Har?” tanya Aprie polos yang tampaknya tidak menyadari telah sampai pada tempat tujuan. Penglihatanmu kurang tajam, Prie..ckckck...

“Ayo, Mas,” gw menyapa mas-mas tadi yang entah jadi memandang gw aneh.

Gw melompat turun. Mengamati trotoar di bawah gw dengan hati2 agar tidak terpeleset. Menembus hujan yang benar2 lebat. Tapi hati gw puas. Perjalanan gw lancar sampai tahap ini.

“Har?” 

Suara Aprie tiba2 menyadarkan gw. Gw melepaskan pandangan dari trotoar. Gw memandang Aprie yang bertampang heran. Gw memandang keadaan sekitar gw. Gw sadar harusnya tidak ada kios kecil seperti ini di pinggir jalan raya. Dan akhirnya gw sadar bahwa gw turun di tempat yang salah!

“Prie...Kok turun di sini Prie?” dengan tololnya gw malah bertanya sama Aprie.

“Lha kan lo yang ngajakin gw turun?”

“Gw kira sih kita udah sampe di jalan raya.”

“Makanya gw tadi heran kok lo malah ngajakin turun di sini, padahal setahu gw kita kan belum nyampe.”

“Lo tau kalo kita belum nyampe ya? Napa tadi gak bilang?”

“Lha elo-nya langsung nyelonong gitu gimana mau bilangin. Gw kirain kan lo mau ada keperluan atau ada rencana lain. Ya..gw ngikut turun aja.”

Gw nyengir sori ke dia.

“Sori, Prie. Gw enggak tau sih,” kata gw. Kita memilih berteduh aja di situ, lagi2 di emperan rumah orang yang tertutup.

“Mau naik angkot lagi apa enggak, Har?”

Jujur gw males n menganggapnya sebagai pemborosan kalo naik angkot lagi. Jalan kaki juga paling cuman berapa menit.

“Males nih, jalan kaki aja ya! tinggal dikit juga.”

Aprie nurut. Dan kita ngetawain lagi kebodohan gw tadi. Hujan masih sama lebatnya. Gw ngambil kacang sukro dan mulai ngemil. Aprie ikutan ngambil roti dari dalem tasnya dan nyusul ngemil.

“Prie?” gw membuka percakapan,” kita bakalan nginget saat ini enggak ya? Berduaan, di emperan rumah orang kehujanan, makan kacang kayak kere..”

Aprie tertawa. “Iya ya, Har..”

“Kita ntar bisa nyampe rumah enggak ya, Prie?”

“Tau lah. Apa mau balik aja? Udah hujan gini..baru nyampe sini lagi..” Aprie membasahkan tangannya ke dalam rintik hujan yang masih gede2.

Balik? Ke kontrakan? Terbayang dalam benak gw WTC (temen satu kontrakan) yang ngetawain kita karena gagal pulang kampung karena kehujanan dan turun angkot di tempat yang salah.

“Enggak, pokoknya niat kita udah bulat buat balik kampung. Apapun yang terjadi kita harus nyampe di rumah kita!” gw berkata penuh semangat.

“Oke!” Aprie membalas. “Ayo kita lanjut aja kalo gitu! Ujannya juga gak reda2 nih. Kita jalan pelan2 lewat emper2 kios aja.”

Gw mengangguk seraya membenarkan posisi ransel gw, siap berlari.

“Yuk!” 

Aprie mulai berlari menembus hujan. Langkahnya hati2 agar tidak menginjak genangan2 air. Gw mengikutinya di belakang, menaikkan celana jins gw sampe lutut biar gak terlalu kotor terkena cipratan2 lumpur. Melompat lompat seperti belalang dari satu kios ke kios lainnya untuk berteduh. Kadang kita berhenti sesaat untuk merencanakan jalur selanjutnya yang paling sedikit terkena air hujan.

“Istirahat dulu.” Gw ngajakin Aprie berhenti di depan sebuah konter. Ternyata jalan yang kita lalui cukup jauh. Apa mungkin terasa bertambah jauh karena hujan.

“Jauh ya, Har?” Aprie mendukung pikiran gw. “Tau gini tadi naik angkot aja..”

“Tapi kalo sekarang mau naik angkot nanggung, tuh udah keliatan jalan rayanya,” gw nunjuk barisan2 angkot dikejauhan yang ngantri di pinggiran jalan raya.

“Iya, Har,” Aprie berkata penuh semangat. “Ayo lanjut aja kalo gitu!”

Gw manggut dan ikut bersemangat. “Ayo kita lets go!”

Kita berlari lagi selama sekitar empat menit dan akhirnya sampailah di pinggir jalan raya. Permukaan jalanan sudah gelap, hitam mengilap karena air hujan. Beberapa cipratan air melompat ke pinggiran jalan setiap kali mobil dan motor berlalu di depan kita. Aprie memimpin di depan, gw mengikutinya berlari-lari kecil di belakang menyeberangi jalan raya plumpang itu. Melewati kolong jalan tol sesaat dan kemudian tiba di seberang jalan. Tetes2 hujan sudah ringan sekarang, hanya dinginnya yang masih belum mau pergi-- malah sepertinya bertambah saja karena malam memang sudah mulai turun saat itu.

Gw berdiri di samping Aprie. Memandang ekspresi wajahnya yang gembira sekaligus gelisah. Gw sendiri tahu apa yang dia pikirkan sekarang, bahkan gw yakin dia memikirkan hal yang sama dengan gw; gembira karena perjalanan kita semakin dekat sampai ke tujuan dan gelisah karena kita sama sekali belum tahu ke arah mana perjalanan selanjutnya.

“Naik apa, Har?” tanya Aprie menyeka dahinya yang menerima tetesan air dari poninya yang lepek karena air.

“Enaknya apa? Kalo metromini banyak, Prie, gampang dapetnya tapi gw takutnya nanti kelamaan mangkal,” gw berujar,” mending naik bus gede aja yuk, Prie!”

“Yang nomer berapa?”

“Yang penting jurusan Pulogadung. Liatin di kaca depan pasti ada tulisannya kan?”

“Iya, ya.”

Rasanya lamaaa banget kita nungguin bus gede dateng. Padahal metromini yang keneknya teriak2 “Pulogadung... pulogadung” udah lewat beberapa kali dengan cukup sering, menggoda hati kita yang sudah merasa membuang waktu cukup lama untuk menunggu. Aprie sempat beberapa kali menyarankan apa sebaiknya naik metromini saja tapi gw tetep bersikukuh pingin naik bus gede. Dan setelah berhasil melewatkan waktu panjang yang membuat perut mules dan kebelet kencing karena gelisah, akhirnya bus gede yang punya tulisan “Pulogadung” di kaca depannya datang juga. Gw langsung berjalan hampir ke tengah karena takut si bus tidak mau berhenti gara2 sopirnya gak ngeliat ada penumpang yang nyetop.

Bus itu cukup penuh ketika gw sama Aprie naik, tapi gw dan Aprie masih bisa dapet tempat duduk. Gw duduk agak diem, begitu pula dengan Aprie. Pikiran kita masih gelisah tak karuan. Sudah hampir jam delapan dan kita masih dalam perjalanan ke Pulogadung, masih belum punya tiket, belum dapat bus yang nanti akan membawa kita kembali ke kota Solo. Bahkan masih belum punya pengalaman mendatangi tempat bernama Pulogadung itu. Hanya tekat buat pulang yang kita punyai saat itu.

Duduk di atas jok yang reot ini membuat kita seperti di penjara. Gw masih diem sama Aprie, tak ada topik pembicaraan yang bisa kita bahas. Hujan kembali turun di luar sana. Dan gw hanya bisa memandangi puluhan atau ratusan atau ribuan lampu mobil yang berlalu lalang melewati jendela bus yang berderak. Sedikit tetes hujan yang beruntung mampu melewati sela2 kaca jendela yang longgar bersama dengan angin malam dan mengalir jatuh ke lantai kotor bus. Macet di luar membuat keadaan semakin parah. Semakin banyak saja waktu yang kita buang di jalanan padat itu hanya untuk mendengarkan suara2 klakson mobil yang berjenis-jenis. Semakin sempit kesempatan yang kita punya untuk tiba di Pulogadung lebih cepat. Semakin sedikit harapan yang kita miliki untuk bisa pulang tepat waktu.

“Pulogadung.. pulogadung habis. Yang pulogadung.. pulogadung..”

Gw dan Aprie turun dari atas bus. Untuk pertama kali dalam hidup, gw menginjakkan kaki di tempat bernama Pulogadung yang selama ini hanya gw tahu dari TV. Tapi tempat ini tak seperti yang ada dalam pikiran gw. Tak ada bus2 yang terparkir rapi dengan papan jurusan besar2 di atasnya seperti yang dikatakan Lilik. Yang gw temukan hanyalah jalanan hitam dan banyak bus2 asing terparkir diam di pinggirannya. Tak ada satu orang pun terlihat, bahkan semua orang yang turun berbarengan dari dalam bus tadi sudah lenyap entah kemana,dan tempat itu sepi seperti sebuah pasar besar yang sedang tidak aktif.

“Har, bener tempatnya di sini? Sekarang kita kemana?” Aprie memasang tampang sebingung tampang gw sendiri.

“Tau ya, tapi kan tadi keneknya bilang Pulogadung turun sini,” gw mencoba tetap tenang,”berarti ya memang ini Pulogadung.”

Gw melihat jam, sudah jam sembilan. Kemudian gw melihat berkeliling; di satu sisi jalan ada banyak bus tanpa manusia yang sedang terparkir, sedang di sisi seberang ada bangunan besar dan pagar. Gw harus nyari orang yang paling enggak bisa kita tanyain. Dan gw menemukannya di belakang gw. Ada sebuah pos kecil dan tampak dua orang sedang mengobrol. Satu orang biasa dan satu orang petugas DLLAJ dengan seragam biru itu. Gw serasa bertemu seseorang yang sudah sangat lama gw rindukan saat itu.

“Prie, sebaiknya kita tanya sama bapak itu saja, yuk!”

Aprie nurut aja. Kita cuma berharap semoga bapak itu bapak baik hati yang bisa nolong dua anak polos tak kenal Jakarta ini.

Gw menghampiri bapak DLLAJ dan mulai bertanya dengan suara paling sopan yang bisa gw ucapkan, “Pak, mau tanya, kalau pingin nyari bus jurusan Solo darimana ya?”

Bapak itu diam sesaat, memandangi gw sama Aprie yang entah membuat pikirannya jadi seperti apa. Tapi kemudian kumisnya yang lebat bergerak, “Aduh, jam segini masih ada nggak ya, dik? Ya udah ayo saya antar daripada nanti kena calo.”

Gw sama Aprie lega mendengarnya. Panggilan ‘dik’ yang dia ucapkan tadi terdengar cukup sopan di telinga gw. Dan bapak ini mau mengantarkan kita nyari bus.

Bapak itu berjalan memimpin di depan, gw sama Aprie mengikutinya cepat2. Bapak itu membawa kita ke arah bangunan tinggi berpagar di seberang jalan tadi. Kita kemudian masuk di selorong gang, di dalam gang itu ada seseorang yang menjual karcis. Gw di minta bapak tadi untuk membayar orang tersebut. Dan gw nurut, gw bayarkan beberapa ribu rupiah untuk penjual karcis bertampang preman tersebut. Dan akhirnya gw mendapati diri telah berada di tengah keramaian super. 

Bus2 yang tak terhitung terparkir di segala penjuru. Kios2 dengan makanan2 ringan, pop mie, aqua, rokok terpajang di depannya. Beberapa orang yang jalas sekali hidup di tempat itu memandang gw dan Aprie penuh minat. Seperti seekor kucing menemukan tikus dan memikirkan strategi untuk bisa menangkapnya. Inilah Pulogadung, batin gw.

Gw dan Aprie masih mengikuti bapak DLLAJ yang tidak gw tahu akan membawa kemana. Berkali kali orang2 yang jelas terlihat bukan orang baik menghampiri gw sambil bertanya,”mau kemana? AC? Ekonomi? Eksekutif?” Bahkan mereka tak segan2 mencoba menarik tangan gw atau Aprie untuk diseret bersama mereka. Tapi setiap ada kejadian seperti itu si bapak DLLAJ akan langsung ngomong, “dia sudah sama aku! Dia sama aku.” Gw sendiri nggak tahu apa maksudnya dia berkata seperti itu, tapi setelah mengatakannya orang2 yang menarik narik gw dan aprie pasti langsung melepas kita.

Akhirnya kita di bawa masuk ke dalem kantor. Mungkin ini adalah kantornya bapak ini, pikir gw dalem hati.

“Diam dan duduk saja di situ, jangan kemana-mana,” kata si bapak dengan suara malas yang berat, nunjuk bangku untuk gw dan Aprie duduk.

“Siapa?” seseorang bertanya kapeda bapak itu sambil menunjuk gw.

“Anak orang. Kasihan itu pada mau nyari bis ke Solo, malem2 gini daripada nanti di rampok calo,” jawab si bapak,”masih ada bis ke Solo nggak ya jam segini?”

“Tadi ada masih ada ‘tri mulia’ kayaknya,” orang satunya menjawab. Sementara si bapak kemudian keluar sambil membawa HT,

Tri Mulia. Bisnya lumayan jelek, batin gw, ah daripada nggak jadi pulang.

Selama beberapa menit gw dan Aprie duduk di bangku itu masih dalam diam. Perasaan kita sama2 tidak enak. Bagaimana kita tahu kalo bapak tadi orang baik2? Kita kok gampang banget percaya sama orang asing gini ya?

Sebuah AC yang menempel di salah satu sisi dinding mengeluarkan asap hitam seperti knalpot dan suara berdengung alih2 udara dingin. Si bapak kemudian masuk ketika gw masih mengamati AC rusak tersebut.

“Ayo dik!” ajaknya dari ambang pintu. “Harta Sanjaya, masih di pintu depan,” tambah si bapak memberi tahu temannya.

Si bapak memimpin lagi di depan. Gw dan Aprie mengikutinnya lagi dari belakang. Calo2 mendatangi kita semua lagi seperti sebelumnya. Gw selalu jawab ‘udah dapet’ ketika mereka berusaha menarik-narik lagi. 

“Ayo dik langsung naik aja!” perintah si bapak begitu sampai di samping bus Harta Sanjaya yang udah gw kenal. Dengan amat sangat lega dan senang bukan kepalang gw ngucapin terima kasih ke bapak baik hati yang belum gw kenal ini. Begitu pula dengan Aprie yang ikut2 mengucapkan terima kasih sesopan mungkin.

“Iya iya.. sudah langsung naik saja,” balas si bapak masih dengan ekspresi datar.

Tanpa pikir panjang lagi gw dan Aprie naik dari pintu depan. Semburan dingin AC dan bau khas di dalam bus malam menyambut kita disertai pandangan para penumpang lainnya. Gw mencari-cari tempat duduk kosong.

“Belakang mas kosong mas,” kata si kondektur dari pintu depan.

Akhirnya gw duduk dengan Aprie di kursi paling belakang. Kita sama2 tersenyum lega. Setelah kehujanan, terjebak macet, bingung arah jalan selanjutnya kemana, akhirnya kita mendapati diri duduk di sebuah jok bersih, di bawah lampu terang memandangi bus2 lainnya yang juga dalam antrean keluar terminal. Dalam suasana bahagia ini si kondektur akhirnya mendatangi kita.

“Turun mana dik?” dia bertanya dengan seikat tiket, uang kertas dan pulpen di tangannya.

“Solo berapa mas?”

“110 ribu.”

Murah banget, pikir gw. Dulu aja waktu mudik bisnya gak sebagus ini 150ribu. Dan dengan senyum mengembang gw serahkan duit 220 ribu untuk dua orang. Setelahnya tiba2 ada orang masuk minta duit untuk upah bapak yang nganterin tadi. Gw kasih dia 10ribu. Sepertinya bapak tadi gak minta uang. Tapi biarin lah. Mumpung hati gw lagi seneng. Bahkan ketika setelahnya ada penumpang yang lain yang merasa tiketnya kemahalan dengan harga 110ribu sampai Solo gw tetep gak peduli. Urusan amat mau kemahalan atau enggak yang penting gw nyampe rumah dengan selamat dan ketemu keluarga gw.

Gw dan Aprie mulai ngoceh lagi. Semangat kita untuk kembali berbicara membara. Kita tak hentinya tertawa sambil nyobekin roti isi coklat yang berjam-jam lalu gw beli dari alfamart di Sungai Bambu. Hujan masih tampak menetes malas di jalanan saat gw memandang keluar jendela. Lampu2 jalanan berlalu satu demi satu. Bangunan2 yang pintunya mulai tertutup. Dan kita berdua tertidur.

**

“110 ribu? Hahahaha.... goblok...,” Rudi tak henti2nya ngetawain saat dia main ke rumah gw. 

“Murah kan rud, orang dulu aja waktu lebaran naik bis lebih jelek bayarnya 150.”

“Itu kan waktu lebaran. Lebaran kan tiketnya naik sampai dua kali lipat lebih. Harta Sanjaya tu harusnya paling Cuma 60 dari jakarta. Orang ibuku kalo ke Jakarta naik naik Gunung Mulia cuman 70,” Rudi menerangkan dengan profesional. “Haha.. 110 har? Hahaha.. besok kalo balik ke sana gw cariin dah biar bisa murah”

“Oke.. boleh,” kata gw sambil masih diketawain Rudi.

Ternyata 110 ribu kemahalan ya? Kalo menurut gw sih berangkat dari Jakarta tanpa peta, tanpa pengalaman, hanya modal nekat dan bisa nyampe rumah dengan selamat sehat wal afiat dan ketemu keluarga dan teman2 tercinta harusnya lebih mahal dari 110 ribu. Jadi kesimpulannya gw tetep merasa dapat harga murah dalam perjalanan kemarin. Iya kan, Prie?


19.04.10

11.08



Comments

Terpopuler sepekan

Pengalaman diculik jin

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 2]

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 1]

Cerita Seram Api Unggun

Peristiwa Ganjil di Patahan Amigara

Cerita Horor Kaskus

Catatan Atas Awan

Nyasar ke Dunia Gaib Bareng Abang Ojol - [Repost Twitter]

Ada yang mau tanya soal kemampuan ghaib dan indigo?