Skip to main content

Episode 'Junji Ito Maniac: Japanese Tales of the Macabre' terfavorit versi saya

Netflix


Junji Ito adalah mangaka horor yang punya ciri khas bikin manga dengan visual disturbing dan bikin pusing. Saya pernah bikin transkrip untuk cerita The Enigma of Amigara Fault dan saya post di blog ini. Itu cerita bikin kebayang-bayang setelah baca. Tapi transkrip saya jelek, jadi lebih baik cari versi asli saja. Jangan baca transkripan saya.

Junji Ito Maniac: Japanese Tales of the Macabre adalah kumpulan cerita pendek horor hasil karya Junji Ito. Total ada 20 cerita yang dibagi ke dalam 12 episode. Yang belum kenal sama cerita horor Jepang macam ini mungkin akan merasa ceritanya konyol dan gaje, dan memang benar. Tapi seru aja ditonton gitu. Ide-idenya sangat liar. Di luar nalar. Beneran gila.

Ini adalah beberapa yang paling bagus menurut ane:

**

Episode 3: Hanging Ballons

Junji Ito

Seorang idol yang tengah naik daun ditemukan tewas gantung diri. Setelahnya muncul rumor tentang hantunya yang berwujud kepala raksasa terpenggal terbang di langit malam. Apakah rumor itu ada benarnya?

Paling suka sama ini. Ada plot misterinya. Karena saat nonton belum tahu apa-apa jadi penasaran sama hantu kepalanya. Tapi kalau sudah pernah lihat potongan adegannya mungkin sudah tidak jadi misteri. Karena ini cerita yang cukup populer dan gambarnya sering muncul jika gugling nama Junji Ito.

**

Episode 5: Long Hair in the Attic

Netflix

Seorang wanita yang patah hati ingin memotong rambutnya karena putus sama pacarnya.

Iya, cuma cerita wanita yang mau potong rambut tapi jadi horor.

Dulu pernah baca manganya tapi gak mudeng maksudnya. Setelah nonton di sini baru mudeng. Termasuk cerita yang punya penjelasan dan bisa dicerna.

**

Episode 7: Tomb Town

Netflix

Sepasang kakak-adik diundang main ke rumah seorang temannya di sebuah kota. Tapi ada yang aneh, karena di kota itu banyak batu nisan yang tertanam di tengah jalan! Kota macam apa itu?

Sama seperti The Hanging Ballons, nih cerita juga ada misteri yang bikin bertanya-tanya--ya itu, soal batu nisan di tengah jalan. Yah walaupun misterinya langsung dijawab dalam beberapa menit. Tapi ide tentang batu nisan di tengah jalan itu keren banget lah. Aura horor-ganjilnya langsung dapet.

**

Episode 8: Layers of Fear

Junji Ito

Tentang seorang ibu gila yang terobsesi dengan kecantikan anaknya dan ingin melihat anaknya selalu muda. Dan tentang kondisi tubuh aneh yang mungkin disebabkan karena kutukan.

Ini disturbing. Bikin ngilu atau gak nyaman. Padahal ya cuma kartun. Tapi nonton bisa ikutan gemes-gemes nyeri. Karakter kegilaan ibunya juga horor.

**

Episode 10: Unendurable Labyrinth

Junji Ito

Dua anak hiking ke gunung tapi malah tersesat dan menemukan kuil suatu sekte agama. Di sana mereka menemukan para biksu yang berperilaku aneh.

Premisnya bagus dan langsung menarik. Andaikan diolah lagi bisa jadi cerita panjang satu film nih. Sayangnya cuma 10 menit saja langsung tamat.

***

Honorable Mention: tambahan beberapa episode lain yang suka sama idenya, atau setidaknya saya menikmatinya.

**

Episode 11: Alley

Junji Ito

Seorang pemuda menyewa sebuah kamar kos. Tapi setiap malam tiba ada suara anak-anak bermain di samping kamarnya yang merupakan sebuah gang yang tertutup pagar.

Cerita hantu biasa. Cuma menikmati saja cerita ini. Cukup tegang saat hantunya muncul. Tapi mungkin karena saya nontonnya malem-malem.

**

Episode 12: Whispering Woman

Junji Ito

Seorang putri keluarga kaya punya kegilaan tidak bisa menentukan pilihan. Hingga kemudian datanglah pengasuh yang cocok dan akan selalu membisikkan pilihan-pilihan dan pekerjaan apa yang harus si putri lakukan.

Suka dengan ide kegilaannya. Endingnya termasuk bagus. Tidak seperti lainnya yang gaje atau bad ending. Rata-rata memang cerita tentang kegilaan manusia sih.

**

Episode 12: Soichi's Beloved Pet

Junji Ito

Saudara Soichi menemukan kucing dan dibawa pulang. Lalu tuh kucing dikutuk sama Soichi biar bikin masalah di rumah mereka.

Kurang tahu Soichi ini siapa. Dia muncul dua kali di serial ini. Seorang anak yang wajahnya kek hantu dan selalu ngemut paku. Sepertinya sih dia punya serial sendiri dan kisahnya diambil dimasukin ke serial ini. Silakan koreksi jika salah.

Episode ini lucu sih. Cocok buat episode terakhir. Jadi Soichi ini semacam anak setan yang selalu bikin ulah di rumahnya. Selalu jail sama saudara-saudaranya. Dia selalu bertengkar sama saudaranya tapi kedua orangtuanya selow aja. Kocak jadinya.

**

Nah itu tadi beberapa episode kesukaan saya. Bukan berarti episode lain jelek. Saya pribadi menikmati semuanya. Lebih ke suka dengan ide-idenya. Aneh-aneh dan unik. Cuma jika Anda kurang tertarik dengan cerita gaje macam ini, silakan coba saja beberapa episode tersebut di atas. Kalau sudah tertarik sih ya tonton aja semuanya. Toh cuma pendek-pendek ceritanya.

Semoga bakal ada season lanjutannya.



Comments

Terpopuler sepekan

Pengalaman diculik jin

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 2]

Aku anggota tim SAR kehutanan AS, aku punya kisah untuk diceritakan [Part 1]

Cerita Seram Api Unggun

Nyasar ke Dunia Gaib Bareng Abang Ojol - [Repost Twitter]

Peristiwa Ganjil di Patahan Amigara

Ada yang mau tanya soal kemampuan ghaib dan indigo?

Cerita Horor Kaskus